Meta, Amazon, Microsoft bekerja sama kembangkan Overture Maps untuk mengalahkan Google Maps

Meta, Amazon, Microsoft bekerja sama kembangkan Overture Maps untuk mengalahkan Google Maps

Techno.id - Baru-baru ini sejumlah perusahaan teknologi dunia seperti Meta, Amazon, Microsoft dan TomTom bersekutu mengembangkan sebuah aplikasi pemetaan yang disebut Overture Maps. Kolaborasi antarperusahaan teknologi ini tergabung dalam Overture Maps Foundation (OMF), sebuah upaya kerjasama yang didirikan pada Desember 2022.

Seperti dilansir standard.co.uk, kabarnya aplikasi ini disiapkan untuk membunuh Google Maps atau Apple Maps. Rilis pertama Overture Maps mencakup informasi lebih dari 59 juta tempat di seluruh dunia, mulai dari restoran hingga tempat wisata terkenal, dan jejak lebih dari 780 juta bangunan.

Overture Maps adalah inisiatif terbuka sehingga menjadikannya sebagai alternatif bagi para pembuat aplikasi dan perangkat lunak. Aplikasi ini tidak seperti Google Maps yang mengambil pendekatan tertutup yang memberikan Google kontrol yang lebih besar bagaimana data petanya digunakan dan diimplementasikan.

Meta, Amazon, Microsoft bekerja sama kembangkan Overture Maps untuk mengalahkan Google Maps foto: overture

Selain itu Google Maps juga membebankan biaya kepada pengembang aplikasi untuk bisa akses ke Google Maps. Karena itu tidak berlebihan jika Overture Maps bisa menjadi pesaing baru untuk Google Maps, Mapbox, dan Apple Maps. Sebagian besar data Overture Maps didasarkan pada data yang digunakan di OpenStreetMap, yang merupakan sistem pemetaan terbuka dan sudah lama ada.

Overture Maps ditujukan agar kebutuhan penggunaan peta tidak hanya dipasok Google atau Apple. Setidaknya, aplikasi ini nantinya dapat membantu meningkatkan Bing Maps milik Microsoft, yang tertinggal jauh di belakang Google Maps dan Apple Maps.

(brl/red)