Microsoft Edge luncurkan fitur Workspaces, bisa buka satu website dengan pengguna lain secara bersama

Microsoft Edge luncurkan fitur Workspaces, bisa buka satu website dengan pengguna lain secara bersama

Techno.id - Microsoft menambahkan fitur baru pada web browser mereka. Dilansir dari blogs.windows, Edge Workspaces akan membantu pengguna menyelesaikan lebih banyak pekerjaan secara bersama-sama. Menurut Microsoft, Edge Workspaces akan membantu pengguna tetap fokus dan lebih cerdas dalam melakukan multitasking.

Edge Workspaces merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengorganisir browser. Edge Workspaces dapat digunakan untuk memisahkan tugas-tugas tertentu ke dalam sebuah jendela khusus.

Dilansir dari learn.microsoft, setiap Edge Workspaces akan memiliki serangkaian kolom tabs dan favorites masing-masing. Edge Workspaces juga akan membantu pengguna melakukan sebuah riset.

Microsoft Edge luncurkan fitur Workspaces, bisa buka satu website dengan pengguna lain secara bersama (Foto: blogs.windows)

Micrososft memberikan contoh yaitu pengguna yang ingin merencanakan liburan. Dengan menggunakan Edge Workspaces, pengguna dapat membuat ruang khusus (Workspaces) di dalam browser hanya untuk keperluan perencanaan liburan. Pengguna juga dapat memberikan nama khusus, menambahkan serangkaian tabs dan juga fitur favorites yang tetap ada.

Edge Workspaces juga dapat digunakan secara bersama-sama oleh pengguna lain dan membantu mereka mempercepat menyelesaikan pekerjaan. Hal ini karena Edge Workspaces memungkinkan pengguna melihat sebuah laman secara bersama-sama secara realtime. Hal ini berguna jika pengguna sedang melakukan pekerjaan kelompok dan harus melihat banyak laman sekaligus.

Fitur ini akan menyederhanakan pekerjaan karena pengguna lain di dalam Workspaces dapat melihat laman website yang sama. Jadi pengguna tidak diharuskan selalu mengirimkan tautan ke pengguna lain. Selain itu, pengguna juga dapat membuat dokumen yang dapat diakses secara bersama-sama.

Microsoft Edge luncurkan fitur Workspaces, bisa buka satu website dengan pengguna lain secara bersama (Foto: techcommunity.microsoft)

Kendati terlihat seperti ruang bersama, Edge Workspaces tetap akan menjaga privasi penggunanya. Menurut Microsoft, Edge Workspaces tidak akan membagikan data apapun kepada mereka yang berada dalam Workspaces yang sama.

Edge Workspaces saat ini sudah tersedia secara limited public preview. Jadi hanya ada sebagian pengguna yang sudah memenuhi syarat yang diberikan oleh Microsoft untuk dapat mencoba fitur terbaru ini. Microsoft juga belum memberikan kepastian kapan fitur ini akan dirilis ke publik, mengingat fitur ini sudah diperkenalkan sejak akhir tahun lalu.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)