Fitur terbaru Microsoft Edge bisa membuat video lama menjadi lebih bagus

Fitur terbaru Microsoft Edge bisa membuat video lama menjadi lebih bagus

Techno.id - Microsoft merilis fitur terbaru di web browser mereka yaitu Microsoft Edge. Diluncurkan di edge inseder, fitur baru ini bernama Video Super Resolution (VSR). Menurut microsoft, fitur ini mampu meningkatkan kualitas video dengan resolusi rendah manapun yang terdapat di web.

Fitur VSR sebenarnya bukan merupakan hal yang baru di edge. Sebelumnya microsoft memperkenalkan Clarity Boost Spatial Upscalling untuk Xbox Cloud Gaming yang dirancang untuk mempertajam gambar yang ditampilkan Xbox pada edge menjadi lebih tajam dan jernih.

Dilansir dari the verge, Intel dan Nvidia juga sudah meluncurkan fitur semacam ini. Intel mengembangkan video upscaller untuk browser berbasis chromium. Nvidia juga sudah merilis RTX Super Resolution untuk chrome dan microsoft edge.

Fitur terbaru Microsoft Edge bisa membuat video lama menjadi lebih bagus

Hal yang membedakan VSR yang diluncurkan Microsoft dengan fitur video upscaller lainnya adalah fitur ini dapat digunakan pada perangkat dengan GPU Nvidia maupun AMD.

Video Super Resolution menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning untuk meningkatkan resolusi video apapun yang dilihat di dalam Microsoft edge. Fitur ini bekerja dengan menghilangkan blocky compression dan meningkatkan resolusi video yang ditampilkan sampai resolusi 720p (1280 x 720 pixels) tanpa terkendala dengan koneksi internet atau hal lainnya.

Untuk menggunakan fitur ini, perangkat membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi. Hal ini karena kebutuhan komputasi yang harus dilakukan sistem VSR. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan VSR. Pertama, perangkat yang kalian gunakan harus menggunakan GPU Nvidia dengan seri RTX 20, 30, atau 40 dan seri RX5700 - RX7800 untuk GPU AMD.

Fitur terbaru Microsoft Edge bisa membuat video lama menjadi lebih bagus Gambar potongan Big Buck Bunny, sisi kiri VSR OFF dan sisi kanan VSR ON. (Foto: Blender Foundation/bigbuckbunny.org via windows.com)

Kedua, video yang diputar harus memiliki resolusi di bawah 720p dengan lebar dan tinggi video tidak melebih 192 pixels. Ketiga, perangkat kalian harus tersambung dengan listrik. Keempat, video yang ingin ditingkatkan resolusinya tidak boleh dilindungi Digital Right Management Technology yang menyebabkan VSR tidak dapat mengakses frame dari video tersebut.

Selain empat syarat itu, kalian juga harus mengatur Microsoft edge untuk menggunakan GPU yang digunakan secara manual karena Microsoft belum memberikan pembaruan pada edge untuk menggunakan GPU secara hibrida.

Saat ini, VSR baru tersedia untuk setengah pengguna di Canary Channel. Namun, fitur ini dapat dicoba diluar canary channel. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur ini di edge://flags/#edge-video-super-resolution.

Magang : Nabiel Mumtaz

(brl/red)