Cara sederhana instal Google Play Store di Windows 11, anti gagal

Cara sederhana instal Google Play Store di Windows 11, anti gagal

Techno.id - Bagi para pengguna Android, untuk mengakses berbagai aplikasi selama ini selalu memanfaatkan Google Play. Dengan kualitas konten yang disediakan, Google Play juga menyertakan proteksi bagi penggunanya dengan standar keamanan yang tinggi.

Nah kini berbagai konten yang tersedia di Google Play juga dapat dinikmati di Windows 11, sistem operasi terbaru yang dirilis Microsoft. Sal;ah satu fitur menarik dari Windows 11 adalah emulasi Android asli.

Artinya, pengguna dapat menginstall aplikasi yang ada di Android tanpa perlu dukungan aplikasi pihak ketiga. Lalu agar bisa menikmati berbagai layanan aplikasi Android di Windows 11, termasuk cara menginstallnya, Techno.id telah merangkumnya dari berbagai sumber, Sabtu (18/3). Begini caranya.

Cara sederhana instal Google Play Store di Windows 11, anti gagal (Foto: Unsplash.com/MikaBaumeister)

1. Copot pemasangan Subsistem Windows untuk Android terlebih dahulu. Buka Pengaturan di Windows 11 > Pilih tab Aplikasi dari panek sebelah kiri > Klik Aplikasi & Fitur > Scroll ke bawah sampai menemukan Subsistem Windows untuk Android di daftar aplikasi > Kalik menu tiga titik > klik Uninstall.

2. Pasang Susbistem Windows yang termodifikasi untuk Andorid sebab Play Store untuk Android tidak disertakan Subsistem Windows. Karena itu harus dilakukan alternatif dengan cara memodifikasinya. Pilihannya dari sumber yang sudah tersedia di internet adalah Susbsitem Windows untuk Linux, sekalipun bukan Windows, pengguna dapat menjalakan perintah Ubuntu di Windows 11.

Buka laman https://apps.microsoft.com/store/search?publisher=Canonical%20Group%20Limited (halaman Microsoft Store untuk Ubuntu) > Klik Download > Masukkan nama pengguna untuk Instalasi Ubuntu pada jendela prompt perintah yang muncul, tekan Enter > Masukkan kata sandi untuk akun > Instalasi berhasil diikuti perinta kosong menunggu Input > Ketik https://github.com/LSPosed/MagiskOnWSALocal.git > Tekan Enter, tunggu pengunduhan sampai selesai.

3. Yang perlu pengguna lakukan adalah menjalankan folder yang telah terunduh. Skrip yang perlu dijalankan ada di direktori skrip. Masukkan cd MagiskOnWSALocal/scripts > Ketik ./.sh lalu Enter > Masukkan kata sandi yang sebelumnya telah dibuat untuk akun. Pada tahap ini skrip akan mengunduh semua file yang diperlukan. Tekan Enter untuk menggunakan mode default sampai diminta untuk akses root > Pilih None.

Cara sederhana instal Google Play Store di Windows 11, anti gagal

(Foto: Pinterest.com)

4. Setelah prompt terakhir, tunggu skrip yang sendang megunduh file dan Subsistem yang termodifikasi. Pengguna kini siap untuk menyalin dan menginstal build yang telah dimofidikasi.

5. Instal Susbsistem Windows yang telah dimodifikasi untuk Android dengan Play Store. Jalankan kembali folder output di folder MagiskOnWSALocal utama. ketik cd ../output lalu Enter > Gunakan 1s perintah untuk mengetahui nama folder output > Salin nama fodler ke partisi C:/ di Windows agar dapat menjalankan di luar Linux.

6. Ketik cp WSA dan enter tomol Tab untuk mengkapi nama folder > Selesaikan perintah direktori output lebi dahulu > Selesain > Perintah terakhir akan berbentuk cp WSA_2011 .... /mnt/c/tmp -

7. Arahkan ke folder lagi dari langkah sebelumnya > cari file run.bat. > Klik dua kali pada file ini > Berikan Izin administratif > Setelah selesai, layar akan memunculkan gambar Play Store.

8. Hapus file yang sebelumnya diunduh dari GitHub. Masukkan rm -rf ~/MagiskonWSALocal di perintah baris Ubuntu. Atau hapus instalan ini dari panel kontrol Windows.

(brl/red)