Mengungkap arti dan alasan Apple menyematkan huruf “i” di iPhone, begini sejarahnya

Mengungkap arti dan alasan Apple menyematkan huruf “i” di iPhone, begini sejarahnya

Techno.id - Ketika mendiang Steve Jobs mengumumkan iPhone pertama pada 9 Januari 2007, itu adalah momen yang mengubah pasar ponsel selamanya. Dalam salah satu pengungkapan produk paling terkenal dalam sejarah, Jobs mengatakan iPhone adalah tiga produk dalam satu perangkat, iPod layar lebar dengan kontrol sentuh, ponsel revolusioner, dan perangkat komunikasi dengan terobosan internet.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya apa arti "i" di iPhone? Bukan hanya iPhone yang memiliki huruf "i" di namanya, ada juga iPad, iMac, iPod, dan banyak lagi. Dalam tiga dekade terakhir, ada hampir 30 produk Apple baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak yang dimulai dengan huruf kecil "i". Mari selami sedikit sejarahnya.

Dimulai pada 1998 dengan iMac

Mengungkap arti dan alasan Apple menyematkan huruf i di iPhone, begini sejarahnya foto: dok apple

Sebelum Steve Jobs kembali ke Apple pada tahun 1997, perusahaan tersebut berada di ambang kebangkrutan. iMac 1998 pada dasarnya adalah perangkat yang menyelamatkan Apple. Jobs menggambarkan iMac sebagai komputer pribadi inovatif yang dirancang agar mudah diakses di internet.

Saat iMac sedang dikembangkan, Jobs awalnya ingin menyebutnya "MacMan", yang akan mirip dengan istilah "Walkman" dan "Pac-Man" yang popular saat itu.

Tapi Ken Segall, kolaborator Apple dari sebuah perusahaan periklanan, menyarankan nama "iMac", dengan "i" pada dasarnya adalah kependekan dari "internet.

Jobs secara resmi mengungkapkan iMac pada 6 Mei 1998. Saat itu, Jobs mengatakan ini tentang nama iMac, "iMac berasal dari perkawinan kegembiraan internet dengan kesederhanaan Macintosh. Meskipun ini adalah Macintosh totok, kami menargetkan ini untuk penggunaan nomor satu yang konsumen katakan kepada kami bahwa mereka menginginkan komputer, yaitu untuk mengakses internet-secara sederhana dan cepat.

Meskipun kita mungkin berpikir bahwa internet bukanlah masalah besar akhir-akhir ini, tetapi itu adalah masalah besar pada tahun 1998, yang ketika itu tidak begitu umum. Tetapi "i" juga berarti lebih dari sekadar internet.

Selama presentasi itu, Jobs meminjam dari nada asli Segall untuk nama iMac dan mengungkapkan bahwa "i juga berarti individual, instruksikan, informasikan, dan inspirasi.

Bagaimana dengan iPhone?

Mengungkap arti dan alasan Apple menyematkan huruf i di iPhone, begini sejarahnya Steve Jobs (foto: dok. apple via the motley fool)

Setelah iMac pertama, Apple pada tahun 1999 mengadopsi moniker "i" untuk iBook, yang pada dasarnya merupakan komputer portabel mainstream pertama dari Apple. Kemudian datanglah iPod pada tahun 2001, yang menjadi salah satu produk tersukses sepanjang sejarah Apple. Tapi ada apa dengan iPod?

Pada tahun 2007, iPhone terungkap ke dunia. Tetapi ada nama lain yang bisa disebut iPhone, menurut 9to5Mac, termasuk Mobi, TriPod, Telepod, dan bahkan iPad.

Untungnya, seseorang mengira moniker "i" akan sangat cocok dengan telepon, jika menggunakan arti internet yang asli. Artinya menjadi telepon internet. Pada dasarnya itulah yang selalu menjadi iPhone, komunikator internet.

Jika kamu bertanya kepada Apple, mungkin tidak ada jawaban yang konkret. Tetapi mengingat fitur terbesar iPhone pertama adalah memiliki pengalaman internet penuh di ponsel, jadi sangat masuk akal jika "i" disematkan pada iPhone.

(brl/red)