Mengenal Radia Perlman, penemu sistem STP yang dijuluki si Ibu Internet

Mengenal Radia Perlman, penemu sistem STP yang dijuluki si Ibu Internet

-

Dengan kata lain STP berfungsi untuk memastikan jaringan tetap tersusun rapi dalam aktivitas apapun dan memastikan data tersampaikan di manapun pengguna menginginkannya. Sistem STP telah membantu untuk menghilangkan pengulangan koneksi ketika ingin mengganti jaringan, sistem ini pun masih diadaptasi sampai sekarang untuk mendukung kelancaran internet.

Mengenal Radia Perlman, penemu sistem STP yang dijuluki si Ibu Internet (Foto: alchetron.com)

Lahir pada tahun 1952 di Portsmouth, Virginia Amerika Serikat, Perlman menghabiskan masa kecilnya di New Jersey. Ia melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan mendapatkan gelar SB pada tahun 1973 dan SM pada tahun 1976 di bidang matematika. Setelah itu, Perlman juga mendapat gelar PhD di bidang ilmu komputer pada tahun 1988 dari institusi yang sama.

Pada masa itu, perempuan yang mengenyam pendidikan di bidang teknologi masih dapat dihitung jari. Perlman termasuk pada deretan tokoh perempuan yang paling berpengaruh di bidang teknologi.

Ia menemukan sistem STP saat sedang bekerja di perusahaan Digital Equipment Corp di awal tahun 1980-an. Setelah mengundurkan diri pada tahun 1993, Ia kemudian berpindah ke perusahaan Sun Microsystems. Di perusahaan inilah ia memfokuskan diri untuk mengebangkan STP agar menjadi sistem yang lebih stabil dan lebih optimal ketika menghubungkan jaringan.

Mengenal Radia Perlman, penemu sistem STP yang dijuluki si Ibu Internet (Foto: wikipedia/alchetron.com)

Sepanjang kariernya, Perlman telah berhasil meraih setidaknya 80 hak paten, di mana 40 diantaranya didapatkan saat ia sedang bekerja di perusahaan Sun Microsystems. Pada tahun 2007, ia dinobatkan sebagai seorang Distinguished Engineer atau insinyur terkemuka.

Ia sempat menjadi profesor di Harvard University dan The University of Washington serta menulis 2 buku tentang teknologi. Pada tahun 2004, ia juga dinobatkan sebagai Inventor of The Year oleh Silicon Valley Intellectual Property Law Association dan masuk dalam daftar 20 tokoh paling berpengaruh di bidang teknologi informasi.

(brl/red)