Mengenal Radia Perlman, penemu sistem STP yang dijuluki si Ibu Internet

Mengenal Radia Perlman, penemu sistem STP yang dijuluki si Ibu Internet

Techno.id - Teknologi internet adalah salah satu keajaiban dunia. Internet membuat peradaban manusia menjadi serba canggih seperti sekarang ini. Dewasa ini, semua jenis teknologi kerap bergantung pada internet.

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama umat manusia dari berbagai sektor. Bayangkan jika internet di seluruh dunia tumbang dalam waktu satu jam saja. Kerugian materi yang dicapai sudah pasti tak terhitung jumlahnya, belum lagi kemungkinan besar juga akan memakan korban jiwa saking krusialnya peran internet di kehidupan kita.

Dengan segala benefit yang diberikan, di awal kemunculannya internet tidak langsung menjadi primadona seperti sekarang. Proses demi proses dilalui untuk menyempurnakan jaringan internet hingga dapat dinikmati masyarakat global. Salah satu tokoh yang berperan besar dalam pengembangan internet adalah Radia Perlman, si Ibu internet.

Mengenal Radia Perlman, penemu sistem STP yang dijuluki si Ibu Internet (Foto: tech-heroines.org)

Perlman adalah satu dari sedikit perempuan yang terlibat dalam proses pengembangan internet. Ia berhasil menemukan celah untuk menempatkan dasar lalu lintas pada internet dengan sistem STP (Spanning Tree Protocol). Seperti namanya, STP bekerja dengan membuat bentangan pohon yang bebas-pengulangan untuk menghubungkan jaringan LAN.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)