Mengenal Google My Business, layanan gratis dari Google untuk pengusaha

Mengenal Google My Business, layanan gratis dari Google untuk pengusaha

Mengenal Google My Business

1. Eksistensi bisnis secara online

Mengenal Google My Business, layanan gratis dari Google untuk pengusaha foto: google.com

Salah satu alasan para pebisnis perlu meningkatkan eksistensi bisnisnya secara online adalah maraknya digitalisasi. Dewasa ini, semuanya serba digital, mulai dari belanja sampai pembayaran pun dapat dilakukan secara digital. Oleh karena itu, membuat profil bisnis di Google adalah strategi yang baik untuk bersaing dengan pebisnis-pebisnis lainnya.

2. Dapat ditemukan di pencarian Google

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membuat profil bisnis di Google akan memungkinkan pelanggan untuk mencari bisnis di Google. Ini akan sangat mengutungkan pihak pebisnis karena sudah mendapatkan demand produknya tanpa harus mengluarkan biaya yang besar.

3. Feedback pelanggan

Terdapat layanan yang memungkinkan para pelanggan untuk menuliskan feedback di profil bisnis Google. Feedback pelanggan ini juga dapat mempengaruhi rating profil bisnis pengguna, semakin baik rating bisnis maka semakin akan naik urutan profil bisnis di kategori pencarian. Meskipun ini dapat menjadi boomerang jika pelanggan tidak puas dengan pelayanan bisnis yang diberikan dan kemudian memberikan rating yang tidak baik.

4. Mempromosikan produk dan layanan

Di dalam profil bisnis Google, pengguna dapat menawarkan promosi potongan harga yang dapat langsung dilihat oleh pelanggan. Hal ini tentu saja akan menarik pelanggan untuk menggunakan layanan atau membeli produk bisnis pengguna.

Cara membuat Google My Business

Mengenal Google My Business, layanan gratis dari Google untuk pengusaha foto: google.com

1. Kunjungi business.google.com dan masuk dengan akun Google.

2. Setelah akun terbuat pilih opsi "Manage Now".

3. Selanjutnya pengguna akan diarahkan untuk mengisi nama bisnis, lokasi, kategori bisnis, dan informasi kontak.

4. Isi informasi-informasi di atas dengan selengkap-lengkapnya, langkah selanjutnya pengguna hanya tinggal melakukan verifikasi profil bisnis dan akun bisnis akan siap untuk dioptimasi.

(brl/red)