Mengenal Google My Business, layanan gratis dari Google untuk pengusaha

Mengenal Google My Business, layanan gratis dari Google untuk pengusaha

Techno.id - Perusahaan raksasa Google telah berhasil menguasai pasar dunia telekomunikasi secara global. Berdasarkan data statista.com, Maret 2023, setidaknya 85,53% market mesin pencarian dikuasai Google yang juga didapuk sebagai situs paling banyak dikunjungi pengguna internet.

Sejak awal kemunculannya sebagai layanan mesin pencarian, Google terus berinovasi menyediakan layanan-layanan digital. Layanan yang tidak kalah menarik dan memiliki banyak benefit adalah Google My Business, layanan pengelolaan bisnis dari Google untuk memudahkan para pebisnis di seluruh dunia. Apa sih Google My Business? Techno.id mencoba merangkum mengenai Google My Business.

Mengenal Google My Business, layanan gratis dari Google untuk pengusaha

Pada Maret 2023, untuk pertama kalinya Google meluncurkan Google My Business yang berfungsi untuk mengelola dan mengoptimasi profil bisnis di Google. Dengan membuat profil bisnis di Google My Business, bisnis tersebut akan langsung terintegrasi dengan Google Maps dan juga mesin pencarian Google. Hal tersebut tentu saja akan mempermudah pelanggan mengetahui keberadaan bisnis yang dimiliki pengguna.

Jika sudah mempunyai profil bisnis di Google My Business, secara tidak langsung dapat meningkatkan engagement bisnis yang dimiliki pengguna. Apalagi mengingat data di awal artikel yang menunjukkan masifnya pengguna Google tahun ini. Secara tidak langsung layanan ini juga dapat memudahkan pemasaran produk-produk bisnis.

Namun perlu diingat, layanan Google My Business hanya dapat digunakan bisnis yang memiliki lokasi fisik dan kontak langsung dengan pelanggan. Tidak berlaku untuk bisnis online yang tidak mempunyai lokasi fisik ataupun tidak melayani kontak langsung dengan pelanggan. Lalu apa benefit membuat profil bisnis di Google My Business?

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)