Mengenal Bluesky yang digadang-gadang menjadi penantang Twitter di masa depan

Mengenal Bluesky yang digadang-gadang menjadi penantang Twitter di masa depan

Techno.id - Beberapa waktu lalu ramai di dunia maya tentang aplikasi Bluesky yang disebut-sebut sebagai pesaing Twitter. Bahkan, kabarnya banyak orang mengalihkan akun Twitter mereka ke aplikasi anyar ini. Tidak sedikit juga yang mencari tahu apa sih Bluesky ini?

Secara singkat, Bluesky sejatinya muncul dari Twitter pada 2019 sebagai proyek sampingan yang bertujuan untuk menciptakan kerangka kerja media sosial yang terdesentralisasi. Kemudian Bluesky menjadi independen dari Twitter pada 2022. Versi beta aplikasi Bluesky dirilis Februari 2023.

Meskipun sebagian besar mirip dengan Twitter dalam hal tampilan, aplikasi Bluesky secara substansial berbeda dalam hal teknis. Aplikasi ini dirancang atas infrastruktur protokol Authenticated Transfer (AT) yang terdesentralisasi.

Bluesky ingin merevitalisasi media sosial sebagai ruang publik tepercaya dengan berfokus pada pembuatan platform yang dapat dipercaya, terukur, dan portabel. Inovasi utama aplikasi ini termasuk transparansi algoritma dan moderasi serta kemampuan untuk mengubah moderasi dan algoritma yang digunakan pada feed profil pribadi pengguna.

Nggak heran jika Bluesky sering disebut sebagai alternatif Twitter yang terdesentralisasi dan dipandang sebagai pesaing bagi raksasa teknologi tersebut. Bisa dimaklumi sih karena Bluesky merupakan gagasan dan sebagian besar ciptaan Twitter.

Magang: Zadun Naja

(brl/red)