Ini fitur baru Android yang dapat menyelamatkan kamu dari phishing dan malware, begini caranya

Ini fitur baru Android yang dapat menyelamatkan kamu dari phishing dan malware, begini caranya

Techno.id - Google meluncurkan fitur baru yang disebut Safe Browsing di perangkat Android. Fitur ini dirancang untuk memberi tahu kamu tautan dan situs web berbahaya dalam aplikasi yang didukung. Hanya saja, fitur ini baru muncul di beberapa ponsel Android. Fitur ini akan membantu kamu tetap aman dari phishing, malware, dan lainnya.

Google mengatakan bahwa jika kamu mengetuk tautan di aplikasi berita tepercaya yang tertaut ke situs phishing yang dikenal, kamu mungkin akan menerima peringatan. Fitur ini akan memberi tahu kamu tentang risikonya sebelum mengizinkan kamu membuka tautan, sehingga kamu dapat memutuskan apakah tautan tersebut sah atau tidak.

Fitur ini juga menyertakan "perlindungan ancaman langsung" yang diklaim Google memberikan deteksi ancaman yang lebih akurat. Tidak jelas apakah ini diaktifkan secara default atau perlu diaktifkan pengguna secara manual.

Juga belum jelas aplikasi pihak ketiga mana yang mendukung fitur baru ini. Namun seperti diunggah tipster, Mishaal Rahman di akun X-nya, daftar tersebut kemungkinan mencakup aplikasi yang menggunakan SafetyNet Safe Browsing API.

Ini dibangun ke dalam layanan Google Play dan memungkinkan aplikasi memeriksa untuk menentukan apakah URL tertentu telah diklasifikasikan Google sebagai ancaman yang diketahui.

Namun menurut Android Police, aplikasi yang menggunakan Google SafetyNet Safe Browsing API juga dapat membantu perangkat Android menghemat baterai dan membatasi penggunaan bandwidth, serta membatasi apa yang dapat dilakukan aplikasi dan situs web jahat pada ponsel pengguna.

Cara mendapatkan fitur Safe Browsing

Ini fitur baru Android yang dapat menyelamatkan kamu dari phishing dan malware, begini caranya foto: X/@mishaalrahman

Fitur ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari malware dan phishing, yang dapat diambil dari situs web pihak ketiga, melalui email atau pesan teks, atau dengan mengunduh aplikasi yang tidak dikenal. Pengguna tidak perlu mengunduh apa pun tambahan untuk mendapatkan fitur tersebut, karena disediakan melalui Layanan Google Play dan akan disertakan saat diperbarui melalui Google Play Store.

Pembaruan saat ini hanya terlihat berjalan di perangkat Pixel dan Samsung, tetapi diharapkan akan diluncurkan ke semua perangkat Android yang didukung pada waktunya. Meskipun fitur ini baru mulai diluncurkan, tetapi telah terlihat dalam versi beta Layanan Google Play pada Oktober 2023 oleh Nail Sadykov dari saluran Telegram Google News.

Google diharapkan bisa memberikan lebih banyak informasi tentang pembaruan tersebut ketika telah diluncurkan ke lebih banyak pengguna. Namun, jika kamu telah menerima pembaruan, fitur ini ditempatkan di bawah Pengaturan > Keamanan & privasi > Keamanan & privasi lainnya di perangkat Pixel, sedangkan di perangkat Samsung Galaxy terletak di bawah Pengaturan > Keamanan & Privasi.

(brl/red)