Google rayakan ulang tahun Inge Lehmann penemu inti bumi

Google rayakan ulang tahun Inge Lehmann penemu inti bumi

Techno.id - Google hari ini merayakan ulang tahun Inge Lehmann ke-127 dengan doodle animasi inti bumi. Inge Lehmann adalah seorang penemu inti bumi serta dikenal sebagai ahli gempa dari Denmark.

Google sengaja menghias halaman utamanya dengan animasi bumi yang terbelah dua dengan inti cair yang bersinar seperti bintang. Doodle yang Google hadirkan hari ini merupakan bentuk penghargaan kepada Inge Lehmann sebagai penemu inti bumi, seperti disadur dari Ibtimes (13/5/2015).

Hal yang mengantarkannya menemukan inti bumi ternyata begitu sederhana. Menurut Niles Groes, keponakan dari Inge Lehmann, "Saya ingat Inge pernah berlibur di kebun dengan meja besar yang penuh dengan kardus oatmeal. Dia menjelaskan bahwa dalam kardus tersebut tersimpan informasi tentang gempa bumi di seluruh dunia. Ini terjadi sebelum pemrosesan komputer, tetapi dengan sistem yang sama.Dengan kertas karton dan kotak oatmeal nya, Inge Lehmann mendaftar kecepatan propagasi dari gempa bumi ke seluruh bagian dunia. Melalui informasi ini, ia menyimpulkan teori-teori baru dari bagian dalam Bumi."

Inge Lehmann memang perempuan cerdas yang bisa menemukan inti bumi dari benda-benda di sekitarnya. Penemuan Inge Lehmann ini begitu penting bagi ilmu pengetahuan. Sampai saat ini gagasannya masih menjadi dasar pengetahuan seismologis.

Inge Lehmann telah memperjuangkan ilmu bumi hingga usia 105 tahun 1993. Dia adalah pelopor di antara perempuan dan ilmuwan, mungkin jika di Indonesia Inge Lehmann bisa dikatakan seperti R.A. Kartini. Berkat temuannya tentang inti bumi, semua orang menjadi tahu dan bisa mempelajari terjadinya gempa bumi.

(brl/red)