CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 28 April 2016 18:00

Sempat dibantah Nintendo, isu Wii U berhenti produksi muncul lagi

Menurut Presiden Nintendo Tatsumi Kimishima, produksi Wii U bisa saja dihentikan pada Maret 2018

Sempat dibantah Nintendo, isu Wii U berhenti produksi muncul lagi

Techno.id - Akhir Maret lalu sempat beredar rumor yang mengatakan bahwa Wii U, salah satu konsol besutan Nintendo, akan berhenti produksi per akhir tahun ini. Tak butuh waktu lama, rumor itu pun langsung dibantah pihak Nintendo.

"Itu bukan pengumuman resmi dari Nintendo. Pengiriman Wii U bahkan sudah terjadwal untuk beberapa kuartal ke depan," ujar juru bicara Nintendo kala itu sebagaimana dikutip dari Kotaku (23/03).

Menariknya, isu tersebut kini kembali mencuat. Seperti dilansir Reuters (27/04), Presiden Nintendo, Tatsumi Kimishima, kali ini menyatakan bahwa produksi Wii U bisa saja dihentikan per bulan Maret 2018 (sekitar dua tahun dari sekarang).

Sekali lagi, Kimishima mengatakan "bisa saja". Artinya, perkataan Kimishima mungkin bisa terjadi dan mungkin bisa saja tidak. Apakah rumor kali ini benar? Belum tentu, namun setidaknya hal ini merupakan tanggapan langsung dari Nintendo.

Nintendo sendiri menjadwalkan diri untuk merilis Nintendo NX, konsol terbaru mereka, pada Maret 2017 mendatang. Jika perkataan Kimishima terbukti, maka satu tahun setelah perilisan Nintendo NX adalah masa pensiun Nintendo Wii U.

Sepak terjang Wii U sendiri boleh dikatakan tidak stabil. Kimishima bahkan hanya mengharapkan sebanyak 800.000 unit Wii U bisa terjual di tahun ini. Yang perlu diketahui, target itu jauh lebih kecil dibanding 2015 yang mencapai 3,26 juta unit.

Dari sini, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan terbesarnya adalah Nintendo akan lebih memfokuskan diri pada Nintendo NX dengan memberhentikan produksi Nintendo Wii U. Cukup masuk akal? Bisa saja.

WHAT TO READ NEXT ?