BRTI klaim 'blankspot' terjadi di beberapa titik jalur mudik KA

BRTI klaim 'blankspot' terjadi di beberapa titik jalur mudik KA

Techno.id - Pasca uji petik yang dilakukan dua pekan lalu, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Muhammad Imam Nashirudin mengatakan ada sejumlah daerah di Jalur Selatan Kereta Api wilayah Jawa yang tak bersinyal alias blankspot. Menurut Nashirudin, blankspot ini nantinya akan mengganggu kenyamanan pemudik karena bisa dipastikan di beberapa titik tersebut pemudik tidak bisa melakukan telepon, sms, dan berselancar di dunia maya.

"Kereta di Jalur Utara lumayan bagus, tapi ada beberapa tempat yang mengalami gangguan saat pindah dari jaringan 3G ke 2G. Kalau Jalur Selatan, ada sejumlah tempat yang masih terdapat blankspot," ujar Nashirudin seperti dilaporkan oleh Antara (6/7/15).

Nashirudin menjelaskan, jalur yang tak bersinyal di Jalur Selatan tersebut ada di antara daerah Jombang-Kertosono dan Bandung-Tasik. Wilayah tersebut menurut penjelasan Nashirudin merupakan daerah hutan.

Mengatasi hal tersebut, Nashirudin akan meminta operator untuk memperbaiki layanan dengan menambal wilayah-wilayah blankspot tersebut. "Layanan di sepanjang jalur kereta api tetap harus baik, dan dipastikan tidak ada sinyal yang bolong," jelasnya.

Uji petik di jalur kereta api ini mulai dilaksanakan pada Senin, 19 Juni 2015 lalu. Tim uji dari BRTI kala itu menggunakan kereta api dari Gambir menuju Pasar Turi, Surabaya. Kemudian, pulang dari Surabaya menuju Bandung dan kemudian dari Bandung kembali lagi ke Jakarta.

(brl/red)