Setelah jalur bis, BRTI kini lakukan uji jaringan di jalur kereta api

Setelah jalur bis, BRTI kini lakukan uji jaringan di jalur kereta api

Techno.id - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) kini tengah melakukan uji layanan jaringan atau drive test di jalur kereta api. Uji petik yang dilakukan di jalur kereta api ini merupakan kelanjutan dari drive test sebelumnya yang dilakukan lewat jalur mudik untuk angkutan jalan raya seperti bis yang diberangkatkan pada 24 Juni lalu.

Seperti dilaporkan oleh Antara (30/6/15), tim yang dilepas langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Kalamullah Ramli yang juga ketua Komisioner BRTI dan Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashirudin, Senin 29 Juni kemarin akan menguji layanan menggunakan kereta api dari Gambir menuju Pasar Turi, Surabaya. Kemudian pulang dari Surabaya menuju Bandung, dan kemudian dari Bandung kembali lagi ke Jakarta.

"Tim akan menguji layanan baik dari sms, data, maupun data di sepanjang jalur kereta api dan juga di stasiun-stasiun persinggahan," jelas Kalamullah.

Rencananya setelah memastikan jaringan di wilayah Jawa telah siap beroperasi, tim akan bergerak untuk drive test ke 13 daerah di pulau Sulawesi.

Pada kesempatan itu juga, Nashirudin mengatakan bahwa drive test melalui jalan raya, secara umum telah memenuhi kualitas yang ditetapkan, terutama untuk jaringan 2G. Bahkan, jaringan juga dapat bekerja dengan baik di daerah tol baru yang diklaim terpanjang di Indonesia, tol Cipali.

Untuk penyeberangan dengan kapal feri, menurut Nashirudin jangkauan dan kualitasnya sudah cukup merata terutama di Selat Bali, Ketapang-Gilimanuk. Sementara di Selat Sunda, Merak-Bakauheni, di tengah-tengahnya masih terdapat blank spot. "Rencananya para operator akan menambah kombat, untuk memperkuat sinyal," tutup Nashirudin.

(brl/red)