BMW perkenalkan tombol SOS pada motor terbarunya

image

Techno.id - Perkembangan teknologi memang telah sampai pada ranah otomotif. Tak hanya kendaraan beroda 4 saja yang kini bisa menikmatinya, namun para pecinta sepeda motor juga turut merasakannya.

Seperti yang telah diberitakan oleh Motor Authority pada hari Senin (02/05/16) ini misalnya. Raksasa otomotif asal Jerman yang satu ini telah menawarkan fitur terbaru bagi penunggang motor BMW terbaru.

Berupa sebuah tombol SOS, pengendara motor BMW bisa melakukan panggilan darurat saat dalam kondisi bahaya. Posisi tombol pun terembunyi dengan rapi pada handlebar sebelah kanan, dekat dengan tuas gas. Bagaimana cara kerjanya?

Tombol SOS pada motor terbaru BMW  2016 motorauthority.com

Tombol SOS pada motor terbaru BMW
2016 motorauthority.com/motorauthority.com

Saat pengendara menekan tombol SOS tersebut, informasi akan segera sampai pada call center. Lokasi Anda akan diketahui secara detil oleh call center, dan akan segera diteruskan ke kantor polisi, pemadam kebakaran, atau ke beberapa list kontak yang telah didaftarkan untuk keadaan darurat.

Motor terbaru tersebut juga dibekali dengan sebuah sensor yang akan secara otomatis melakukan hal yang sama jika sang pengendara tak mampu menekan tombol SOS. Misalnya saja pengendara terjatuh, atau terjadi kecelakaan. Setelah sebuah kecelakaan atau benturan keras terjadi, jika selama 25 detik pengendara tak menekan tombol SOS, maka sensor tersebutlah yang bertugas meneruskan informasi ke call center untuk meminta bantuan.

Tak hanya untuk kepentingan pribadi atau pengendara motor BMW saja, tombol SOS juga berfungsi seandainya sang pengendara sedang melihat pengguna jalan lain membutuhkan bantuan sesegera mungkin. Tombol SOS ini akan diuji coba di Jerman, dan jika berhasil akan diteruskan ke negara-negara lain yang mengimpor motor terbaru besutan BMW.

(brl/red)