CONNECT WITH US
Erick |
 10 April 2016 11:00

Kurangi kemacetan, BMW berikan layanan car sharing, apa itu?

Apa beda layanan ini dengan ride sharing yang telah diperkenalkan oleh Uber beberapa waktu lalu?

Kurangi kemacetan, BMW berikan layanan car sharing, apa itu?

Techno.id - Pengguna taksi online semacam Uber tentu telah sering mendengar istilah ride-sharing. Layanan ini telah diperkenalkan oleh Uber sejak beberapa waktu lalu, yang dimaksudkan agar penumpang bisa berbagi kabin dan bangku dengan penumpang lain. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang car sharing?

Seperti yang telah diberitakan oleh CNET pada hari Jumat (08/04/16) lalu, raksasa otomotif asal Jerman, BMW, telah memperkenalkan layanan car sharing. Sedikit berbeda dengan ride sharing, layanan ini memungkinkan sebuah kendaraan untuk ditumpangi beberapa pelanggan berbeda secara bersamaan.

Layanan yang kemudian diberi nama ReachNow ini mulai dijalankan di Seattle. Untuk langkah awal, BMW telah menyiapkan setidaknya 370 armada, termasuk BMW i3 elektrik, BMW seri 3, serta Mini Cooper. Lalu bagaimana cara menggunakan layanan ini?

ReachNow car sharing dari BMW
© 2016 cnet.com/cnet.com

Sama seperti taksi berbasis online lainnya, calon penumpang harus lebih dahulu mengunduh dan menginstal aplikasi ReachNow pada smartphone masing-masing. Aplikasi tersebut bahkan telah tersedia untuk iOS maupun Android.

Calon penumpang bisa melakukan booking melalui aplikasi, atau bisa juga langsung menghentikannya di pinggir jalan sama seperti taksi lainnya. Sedangkan tempat pemberhentiannya hanyalah pada lahan parkir legal, namun tentu saja, penumpang tak perlu mengeluarkan ongkos tambahan untuk membayar tiket parkir.

Jika program ini berjalan dengan lancar dan mampu berdampingan dengan taksi online lainnya, tak menutup kemungkinan bakal ada juga di Indonesia, bukan? Bagaimana menurut Anda?

 

WHAT TO READ NEXT ?