Bill Gates: ChatGPT bisa ubah tatanan dunia, ini alasannya

Bill Gates: ChatGPT bisa ubah tatanan dunia, ini alasannya

Bing telah menerapkan AI yang sama seperti dalam ChatGPT

Belum lama ini, Microsoft merilis Bing dengan versi terbaru. Mesin pencarian milik Microsoft tersebut telah menerapkan teknologi kecerdasan buatan atau AI yang sama seperti di dalam ChatGPT. Metode AI sama juga diterapkan dalam platform browser Edge.

Bill Gates: ChatGPT bisa ubah tatanan dunia, ini alasannya (Foto: Instagram/bing)

CEO Microsoft Satya Nadella, ketika peluncuran Bing edisi terbaru mengatakan penelusuran di web tidak berubah dalam beberapa dekade terakhir. Akan tetapi berkat kehadiran AI akan bisa memberikan informasi lebih lancar dan cepat dibandingkan metode sebelumnya.

Microsoft memberikan demonstrasi yang menampilkan Bing edisi terbaru dalam beberapa konfigurasi. Mereka memberikan tampilan pencarian di dalam Bing secara tradisional, dengan list berbagai artikel yang ditampilkan. Kemudian di sampingnya, terdapat metode pencarian baru dari Bing yang lebih interaktif, to the point, dan dengan menampilkan sumber rujukan.

Lebih lanjut, Microsoft menampilkan beberapa contoh pencarian, termasuk menanyakan resep, tips liburan, dan belanja furniture di Ikea kepada Bing. Dalam salah satu demonya, Bing diminta membuat rencana perjalanan untuk liburan lima hari di Mexico City. Perintah tersebut sepenuhnya dijawab oleh chatbot lengkap dengan rincian kasar serta link ke sumber informasi.

Sebagai informasi, ChatGPT hanya dapat memberikan informasi melalui data terbatas hingga Tahun 2021 saja. Sedangkan Bing versi terbaru dapat menampilkan berita serta informasi terkini, bahkan event yang dihelat secara cepat, interaktif, dan dari sumber aslinya. Microsoft menjelaskan bahwa Bing terbaru dibekali dengan teknologi ChatGPT 3.5, dan Large Language Model atau LMM besutan OpenAI.

(brl/red)