Batevolt, gebrakan baterai nuklir dari China, simak 5 kelebihan dan kekurangannya jika diproduksi

Batevolt, gebrakan baterai nuklir dari China, simak 5 kelebihan dan kekurangannya jika diproduksi

Techno.id - China kembali mencatat terobosan besar dalam dunia teknologi energi dengan mengumumkan pengembangan terbaru mereka, Batevolt. Baterai nuklir ini menjadi perbincangan hangat di dunia energi dan teknologi karena menjanjikan kemajuan signifikan dalam penyimpanan energi.

BV100 diklaim sebagai baterai nuklir pertama di dunia. Menggunakan pendekatan inovatif yang memanfaatkan energi yang dilepaskan isotop nuklir, Betavolt membuktikan bahwa masa depan penyimpanan energi bisa saja bersifat atom.

Seperti halnya setiap inovasi, berikut Techno.id membagikan 5 sorotan atas potensi kelebihan dan kekurangannya baterai nuklir Batevolt, Jumat (19/01).

Kelebihan Batevolt

Batevolt, gebrakan baterai nuklir dari China, simak 5 kelebihan dan kekurangannya jika diproduksi foto: www.betavolt.tech

1.Kepadatan energi

Batevolt diklaim memiliki kepadatan energi 10 kali lipat dari baterai lithium terner. Dengan potensi menyimpan 3.300 megawatt-jam dalam satu gram unit, menjadikan baterai ini sebagai solusi penyimpanan energi yang sangat efisien.

2. Umur pakai yang panjang

Hidup lebih lama dari baterai konvensional, Batevolt menawarkan umur pakai yang mencapai setengah abad atau 50 tahun. Ini berarti pemeliharaan dan penggantian yang lebih sedikit, memberikan solusi berkelanjutan dan ekonomis.

3. Pengisian daya otomatis

Dengan pendekatan menggunakan elektron dari bahan radioaktif Ni-63, Batevolt dapat menghasilkan listrik secara otomatis tanpa perlu pengisian daya eksternal. Ini memberikan keunggulan dalam aplikasi di daerah terpencil atau di lingkungan yang sulit diakses.

4. Teknologi ramah lingkungan

Meskipun menggunakan bahan radioaktif, Batevolt diklaim sebagai solusi ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon selama pengoperasiannya. Hal ini mendukung upaya global untuk berpindah ke sumber energi yang bersih.

5. Mendukung kemandirian energi

Dengan kemampuannya yang unik, Batevolt dapat meningkatkan kemandirian energetik, terutama di lokasi terpencil atau di mana pasokan listrik konvensional sulit diakses.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)