Awas! YouTube bisa memblokir akun kamu jika menggunakan aplikasi pemblokir iklan

Awas! YouTube bisa memblokir akun kamu jika menggunakan aplikasi pemblokir iklan

Techno.id - Kamu suka menonton konten-konten di YouTube? Namun mungkin kamu suka kesal ketika sedang asyik menonton tiba-tiba muncul iklan. Nah biasanya kamu wajib menyaksikan iklan tersebut dalam beberapa detik sebelum bisa melanjutkan konten yang kamu saksikan.

Untuk beberapa orang, kondisi ini dianggap menyebalkan. Nah biasanya mereka akan menggunakan aplikasi pihak ketika untuk memblokir iklan tersebut seperti AdLock atau AdBlock. Ada juga yang menggunakan peramban web dengan pengaturan blokir iklan, seperti Brave. Boleh jadi cara ini cukup ampuh untuk menghalau iklan yang ada di dalam konten YouTube.

Tapi hati-hati, sebentar lagi cara tersebut bakal berisiko terhadap akun YouTube kamu lho. Sebab, saat ini YouTube dilaporkan sedang menguji coba kebijakan pemblokiran iklan baru. Jika memblokir iklan di YouTube, maka bersiaplah aku kamu malah yang akan diblokir YouTube.

Awas! YouTube bisa memblokir akun kamu jika menggunakan aplikasi pemblokir iklan foto: freepik.com/sitthiphong

Seperti dilaporkan standard.co.uk, YouTube dalam sebuah penjelasan mengungkapkan bisa saja menghentikan pengguna memblokir iklan pada layanannya. Artinya, YouTube dapat melakukan tindakan keras terhadap pemblokir iklan setelah melakukan pengujian beruntun yang menargetkan alat tersebut.

Sebagai bagian dari langkah terbarunya, YouTube menginformasikan kepada pengguna pemblokir iklan bahwa mereka akan menghentikan pemutaran video setelah tiga klip jika mereka tidak mengubah pengaturan untuk mengizinkan iklan YouTube, atau menonaktifkan alat tersebut sama sekali.

Dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan secara luas, YouTube mengonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan percobaan kecil secara global yang meminta pengguna mematikan pemblokir iklan mereka atau mendaftar ke layanan YouTube Premium.

Awas! YouTube bisa memblokir akun kamu jika menggunakan aplikasi pemblokir iklan foto: freepik.com/lekhawattana

Pemblokir iklan adalah alat yang pada dasarnya menyembunyikan atau menghapus iklan dari situs web, termasuk YouTube. Beberapa di antaranya dibundel di dalam perangkat lunak lain, seperti VPN yang menyembunyikan aktivitas internet kamu atau peramban web yang berorientasi pada privasi.

Langkah terbaru YouTube ini mengikuti tindakan keras bulan lalu yang membuat YouTube memaksa beberapa pengguna pemblokir iklan untuk mengizinkan iklan di situs untuk menonton video. Situs YouTube.com pun mulai menampilkan pop-up yang memperingatkan pengguna bahwa pemblokir iklan tidak diizinkan di YouTube.

Pengguna bakal diberi opsi untuk mengizinkan iklan YouTube atau beralih ke YouTube Premium jika mereka ingin terus menonton. Yang terakhir ini adalah layanan langganan YouTube yang meniadakan iklan sama sekali tapi dibanderol dengan harga USD15,24 atau sekitar Rp 225 ribu per bulan.

(brl/red)