YouTube uji tampilan baru di halaman video yang diputar, ini penampakannya

YouTube uji tampilan baru di halaman video yang diputar, ini penampakannya

Techno.id - YouTube sejak awal peluncurannya sudah beberapa kali melakukan perubahan desain tampilan. Nah kali ini Youtube dikabarkan sedang menguji tampilan baru untuk laman video yang diputar di web.

Seperti dilansir 9to5google, tampilan terbaru ini akan hadir untuk YouTube versi web saja. Maklum laman video tidak mengalami perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Melansir chromeunboxed, perubahan tampilan ini mungkin yang paling signifikan dilakukan YouTube.

Pada laman yang ada sekarang, pemutar video terletak di sebelah kiri atas dengan judul, deskripsi, serta tombol-tombol seperti like, share, dan download serta kolom komentar yang terletak di bawahnya. Sedangkan pada kolom sebelah kanan menampilkan rekomendasi video yang diberikan YouTube.

YouTube uji tampilan baru di halaman video yang diputar, ini penampakannya foto: twitter.com/xenopanther

Perubahan yang dilakukan YouTube dengan memindahkan bagian yang terdapat di bawah video menjadi di sebelah kanan. Sebagai gambaran, perubahan ini akan terlihat seperti kolom live chat yang terbuka disaat melihat live-streaming.

Perubahan paling terlihat adalah pindahnya rekomendasi video ke bagian bawah video player. Rekomendasi video ditampilkan memenuhi seluruh layar dengan 4 video yang berjejer secara horizontal. Thumbnail dari video tersebut juga terlihat lebih besar.

Sekilas tampilan tersebut mirip seperti laman home YouTube versi web. Perubahan tersebut sangat berbeda dengan tampilan saat ini di mana video ditampilkan berutan dalam satu kolom saja. Sama seperti sebelumnya, bagian ini akan menampilkan rekomendasi video, konten dari channel yang di subscribe, bahkan unggahan dari community.

YouTube uji tampilan baru di halaman video yang diputar, ini penampakannya foto: twitter.com/xenopanther

Perubahan ini sedikit banyak akan mengubah pengalaman pengguna ketika menonton video. Terlebih karena perubahan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan tampilan yang ada sekarang. Pengujian ini baru tersedia untuk beberapa pihak saja. Kendati demikian menarik untuk melihat apakah perubahan tampilan ini akan benar-benar di wujudukan Youtube? Tunggu saja.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)