7 Cara cepat dan mudah mengatasi baterai iPhone yang cepat habis

7 Cara cepat dan mudah mengatasi baterai iPhone yang cepat habis

Techno.id - Masalah baterai iPhone yang cepat terkuras sering menjadi keluhan banyak pengguna. Baterai iPhone mereka terkuras lebih cepat dari yang seharusnya.

Ada juga pengguna yang mengalami baterai yang terisi penuh hingga 20% dalam beberapa jam. Ada juga laporan tentang iPhone yang mudah panas dan melakukan boot ulang secara spontan, bahkan ketika ponsel tidak digunakan. Deretan masalah tersebut memiliki beberapa penyebab potensial, entah itu baterai yang lemah, masalah pada aplikasi, atau pembaruan iOS baru.

Jika baterai iPhone kamu cepat habis, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. Sebagian besar merupakan cara cepat dan mudah. Berikut cara memperbaiki masalah baterai iPhone yang cepat habis dan meningkatkan masa pakai baterai.

1. Tutup aplikasi yang bermasalah

7 Cara cepat dan mudah mengatasi baterai iPhone yang cepat habis foto: unsplash/william hook

Aplikasi yang rusak dapat menguras daya dari iPhone. Umumnya, menutup aplikasi di iPhone tidak akan meningkatkan daya tahan baterai iPhone. Namun, jika ada aplikasi yang bermasalah, maka hal tersebut bisa menjadi penyebab.

Kamu dapat mengetahui apakah sebuah aplikasi menggunakan terlalu banyak baterai dengan membuka Pengaturan > Baterai, lalu melihat aplikasi yang terbuka yang menggunakan baterai. Cari apa pun yang menggunakan daya yang tinggi dan tutup aplikasi tersebut.

2. Sambungkan ke Wi-Fi atau matikan Wi-Fi

7 Cara cepat dan mudah mengatasi baterai iPhone yang cepat habis foto: unsplash+

Kamu mungkin berada di luar jangkauan Wi-Fi atau jaringan selular, sehingga ponsel berada dalam mode pencarian konstan. Jika iPhone kamu tidak dapat tersambung ke Wi-Fi, atau tidak memiliki layanan dari operator selular yang kamu gunakan, iPhone akan terus mencari jaringan untuk tersambung, sehingga menguras baterai.

Matikan Wi-Fi dan cegah agar tidak tersambung secara otomatis, atau atur ponsel ke Mode Pesawat untuk mengurangi pengurasan baterai.

3. Sesuaikan kecerahan layar

7 Cara cepat dan mudah mengatasi baterai iPhone yang cepat habis foto: unsplash/sara kurfess

Kecerahan layar iPhone dapat berdampak pada masa pakai baterai karena dibutuhkan lebih banyak daya untuk menghasilkan lebih banyak cahaya. Matikan kecerahan otomatis, lalu atur kecerahan layar ke pengaturan yang lebih redup, atau aktifkan Mode Gelap. Mode ini akan mengubah tema warna pada perangkat ke warna yang lebih gelap yang membutuhkan daya baterai lebih sedikit.

4. Letakkan iPhone dengan layar menghadap ke bawah

7 Cara cepat dan mudah mengatasi baterai iPhone yang cepat habis foto: unsplash/arnel hasanovic

Mungkin kamu sering melihat pengguna iPhone meletakkan perangkat mereka dengan layar menghadap ke bawah, sehingga yang terlihat di bagian atas adalah logo Apple. Itu bukanlah untuk gaya agar mereka terlihat sebagai pengguna iPhone, melainkan sebuah trik untuk menghemat penggunaan baterai.

Sebab, setiap kali pengguna menerima notifikasi pada iPhone, layar ponsel akan menyala. Semakin banyak notifikasi yang diterima, semakin cepat baterai habis. Namun, jika mereka meletakkan iPhone menghadap ke bawah, cara ini dapat membantu menghindari pengurasan baterai.

iPhone akan tetap menerima notifikasi, tetapi layar tidak akan menyala. Jika mereka tidak memeriksa setiap notifikasi yang diterima, maka dapat mencegah baterai iPhone terkuras terlalu cepat.

(brl/red)