Antisipasi maraknya serangan siber, Indosat dan Cisco gelar pelatihan cybersecurity  

Antisipasi maraknya serangan siber, Indosat dan Cisco gelar pelatihan cybersecurity  

Techno.id - Data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat jumlah kasus serangan siber (cyberattack) yang terjadi di Indonesia mencapai 361 juta sepanjang tahun 2023. Tak pelak, dengan situasi ini, kebutuhan akan talenta digital yang ahli dalam hal cybersecurity menjadi sangat mendesak.

Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis setidaknya dibutuhkan 245 juta ahli digital secara global, dan Indonesia memiliki target dapat menghasilkan setidaknya sembilan juta orang talenta digital muda pada tahun 2030.

Fakta inilah yang melatarbelakangi Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menggelar pelatihan cybersecurity pada program IDCamp dengan menggandeng Cisco sebagai mitra strategis.

Pada pelatihan yang merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di pilar Pendidikan Digital ini akan ada tiga program unggulan mulai dari Introduction to Cybersecurity, Networking Basic, hingga Networking Devices and Initial Configuration.

Antisipasi maraknya serangan siber, Indosat dan Cisco gelar pelatihan cybersecurity foto: indosat

Pelatihan ini akan membekali peserta dengan peranan awal seperti sebagai Analis atau Teknisi Cybersecurity dan Help Desk Support. Nantinya keahlian tersebut akan disertifikasi dengan sertifikat Cybersecurity Cisco Certified Support Technician (CCST).

SVP - Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengungkapkan, di era digital saat ini, cybersecurity bukan lagi pilihan, melainkan suatu keharusan. Karena itu inisiatif ini akan mempersiapkan talenta digital yang tidak hanya mumpuni tetapi juga relevan dalam menghadapi ancaman keamanan yang terus berkembang.

Sementara Head of Global Partner Strategies and Planning, Corporate Affairs Cisco Joseph Lin mengatakan lewat inisiatif ini Cisco akan memberikan pembekalan kepada talenta muda dengan keahlian yang diperlukan untuk menjaga data dan jaringan komputer dari ancaman cyberattack yang semakin berkembang dan risiko pelanggaran data.

Pelatihan yang menjadi kelas terbaru IDCamp dari Indosat dan Cisco ini juga dapat diikuti peserta IDCamp 2023 yang saat ini berjumlah lebih dari 90 ribu developer, dengan mengakses Learning Path Cybersecurity di website IDCamp.

Kolaborasi strategis dari Indosat dan Cisco ini memiliki target yang lebih luas dengan berencana melatih 50 ribu peserta melalui program IDCamp pada tahun pertama, sehingga dapat ditingkatkan menjadi 200 ribu peserta dalam tiga tahun ke depan.

(brl/red)