AMD siapkan Ryzen seri 8000 yang dikabarkan akan gunakan arsitektur terbaru, lebih cepat dan efisien

AMD siapkan Ryzen seri 8000 yang dikabarkan akan gunakan arsitektur terbaru, lebih cepat dan efisien

Techno.id - Manufaktur chipset AMD dalam beberapa waktu belakangan kerap membuat kompetitornya kebakaran jenggot. Bahkan performa Ryzen, prosesor lansiran AMD ini digadang-gadang siap menandingi prosesor Intel.

Sebab AMD Ryzen dibangun berdasarkan arsitektur yang bernama Zen. Melansir dari avadirect, arsitektur Zen sepenuhnya baru dan dirancang untuk menggantikan arsitektur sebelumnya yang bernama Bulldozer.

Saat ini, arsitektur Zen sudah mencapai generasi keempat (Zen 4) yang rilis pada tahun 2022. Melansir dari trustedreview, arsitektur tersebut sudah digunakan pada beberapa prosesor AMD terutama pada prosesor AMD Ryzen seri 7000.

Menurut notebookcheck, AMD Ryzen sedang menyiapkan seri 8000 (kode: granite ridge) yang dikabarkan bakal menggunakan arsitektur terbaru Zen 5. Arsitektur ini akan menggunakan jumlah core yang sama dengan arsitektur Zen 4 yang berjumlah antara 6 sampai 16 core.

AMD siapkan Ryzen seri 8000 yang dikabarkan akan gunakan arsitektur terbaru, lebih cepat dan efisien foto: hothardware.com

Meskipun tidak terdapat penambahan pada jumlah core, performa arsitektur terbaru tersebut dikabarkan mengalami peningkatan cukup signifikan. Melansir dari techradar, jika kabar tentang performa arsitektur Zen 5 benar, maka arsitektur ini menjadi peningkatan besar dari Zen 4. Performa arsitektur Zen 5 kemungkinan mengalami peningkatan hingga 18% dari arsitektur Zen 4. Kenaikan performa tersebut juga diikuti dengan penurunan penggunaan daya. sebesar 34% dibanding arsitektur Zen 4.

Proses manufaktur arsitektur Zen 5 juga dikabarkan mengalami perubahan. Arsitektur Zen 5 dikabarkan dibuat dengan node N3E (3nm) dari TSMC. Sebagai gambaran, arsitektur Zen 4 yang digunakan pada AMD Ryzen seri 7000 dibuat dengan node 5nm. Melansir dari hothardware, perubahan ini akan berpengaruh pada beberapa aspek seperti penggunaan daya, frekuensi prosesor, dan efisiensi. Nodes N3 dikabarkan menawarkan peningkatan penggunaan daya antara 25-30% dari Nodes 5nm.

Selain itu, performa transistor pada node N3 naik sekitar 10-15% dari node N5. Hal tersebut berpengaruh pada kecepatan yang lebih tinggi dengan penggunaan daya yang sama. Arsitektur Zen 5 yang akan digunakan pada AMD Ryzen seri 8000 dikabarkan akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2024 mendatang.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)