9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

Techno.id - Foto merupakan hasil jepretan kamera yang memiliki kenangan tersimpan pada sebuah gambar. Selain hal tersebut pula, foto juga adalah merupakan alat yang bisa dijadikan sebagai bukti identifikasi suatu benda atau barang.

Adapun foto atau gambar biasanya disajikan dalam bentuk kertas yang sangat tipis. Dimana hal tersebut akan rentan dengan yang namanya kerusakan, mengakibatkan beberapa bagian usang atau lapuk bahkan sedikit mengalami robek di bagian yang lainnya.

Maka untuk mencegahnya, banyak aplikasi yang bisa kamu instal dan gunakan untuk kepentingan memperbaiki foto lama yang rusak untuk menjadi bagus seperti sedia kala. Seperti misalnya aplikasi EnhanceFox, Remini, Colorize dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lebih lengkap dan jelasnya, berikut techno.id telah mengutipnya dari berbagai sumber pada hari Rabu (19/10), 9 aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak menjadi bagus.

1. EnhanceFox - Tingkatkan foto

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Aplikasi EnhanceFox merupakan aplikasi yang dapat memperbaiki foto lama dengan cara memperbesar resolusi gambar, menghilangkan kerusakan yang muncul akibat noise atau adanya kekurangan cahaya bahkan sampai dengan menyesuaikan warna dan kontras gambar. Selain itu, aplikasi EnhanceFox ini juga bisa menjernihkan foto. Dengan disertai dukungan fitur dan juga filter editing yang sangat lengkap dan mudah digunakan.

Adapun untuk cara menggunakan aplikasi EnhanceFox adalah hanya dengan kamu mengambil foto lewat kamera atau lewat capture dari galeri foto. Yang akan secara otomatis aplikasi ini akan melakukan tugas selanjutnya dengan menganalisis dan memberikan efek yang diinginkan.

2. Remini - Al Photo Enhancer

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Aplikasi kedua yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan memperbaiki foto adalah Remini. Remini merupakan aplikasi yang akan memperbaiki foto dengan cara meningkatkan resolusi gambarnya. Aplikasi ini juga bisa memperbaiki foto lama yang buram dan menghilangkan noise yang terjadi pada foto. Dan juga Remini akan secara otomatis mendeteksi kualitas awal foto.

Selain itu, Remini juga mampu membuat perbaikan pada foto secara manual dengan imajinasi penggunanya. Adapun fokus utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas foto dan juga memberikan tampilan jernih pada foto.

3. Colorize - Color to Old Photos

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan memperbaiki foto yang rusak adalah dengan Colorize - Color to Old Photos. Colorize - Color to Old Photos merupakan aplikasi yang akan memperbaiki foto hitam-putih menjadi lebih berwarna. Adapun aplikasi ini mengandalkan teknologi AI yang dapat menghitung warna otomatis.

Colorize - Color to Old Photos akan secara langsung mendeteksi objek di foto dan mengisinya dengan berbagai macam warna yang cocok. Adapun untuk caranya, kamu hanya perlu mengupload foto atau memilih foto dari galeri. Selain mengedit otomatis, kamu juga bisa mengeditnya secara manual bagi yang ingin mengembangkan kreativitas diri.

4. Pikfix - Perbaikan foto

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan memperbaiki foto yang rusak adalah dengan Pikfix. Pikfix merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk kepentingan memperbaiki foto yang berkualitas rendah menjadi HD hanya dalam satu kali sentuh saja.

Aplikasi Pikfix juga merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur di dalam masalah editing yang akan memungkinkan kamu untuk menjadikan foto lama kamu menjadi baru dengan hasil yang sangat memuaskan. Adapun hal bagus lainnya dari aplikasi ini adalah dimana proses editing tidak akan merusak resolusi asli dari gambar yang diedit tersebut.

5. Snapseed

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Kemudian aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan memperbaiki foto yang rusak juga adalah dengan Snapseed. Snapseed merupakan aplikasi yang akan mengubah momen foto lama dan biasa saja menjadi sebuah foto yang luar biasa juga menakjubkan.

Caranya hanya dengan memberikan sentuhan kecil pada foto di aplikasi Snapseed ini, kamu akan langsung dengan mudahnya mengubah foto rusak menjadi foto yang istimewa. Adapun untuk file yang ditampilkan bisa berupa JPG ataupun RAW. Selain itu juga, aplikasi ini memiliki tool dan juga filter yang sangat beragam untuk mengasah kreativitas diri kamu.

6. PhotoDirector - Photo Editor

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Kemudian aplikasi yang masih relevan juga untuk memperbaiki foto yang rusak adalah dengan menggunakan aplikasi PhotoDirector. PhotoDirector merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengeditan foto seperti misal menambahkan filter, memotong foto, menambahkan teks dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Selain hal itu juga, kamu bisa dengan mudah menjernihkan foto lama yang buram menjadi foto yang lebih jernih layaknya baru. Adapun caranya kamu hanya diharuskan untuk melakukan beberapa langkah dan cara yang telah disediakan oleh aplikasi PhotoDirector ini.

7. Edit foto keren - Lumii

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Selain aplikasi PhotoDirector, aplikasi yang bisa kamu gunakan selanjutnya untuk kepentingan memperbaiki foto yang rusak adalah Lumii. Lumii merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai efek yang sangat menarik untuk mengubah foto lama yang rusak menjadi foto baru yang jernih.

Aplikasi Lumii ini telah tersedia secara gratis di aplikasi Play Store maupun App Store. Walaupun gratis, fiturnya yang menyediakan pengeditan hue, saturasi dan juga luminance yang mendukung delapan kanal warna tetap akan menjadi unggulan dan hal yang menarik pengguna untuk menggunakan aplikasi Lumii ini.

Selain itu pula, aplikasi Lumii ini menyediakan fitur blending yang akan berguna untuk menggabungkan dua foto menjadi satu atau yang sering disebut juga dengan double exposure.

8. Edit foto - Photo Editor Polish

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Next, aplikasi yang bisa kamu gunakan lainnya untuk kepentingan memperbaiki foto adalah Polish. Polish merupakan aplikasi edit foto dari pengembang aplikasi InShot. Adapun aplikasi Polish ini bisa menghilangkan buram pada foto dan memberikan hasil baru yang lebih jernih.

Dengan tanpa memerlukan keahlian khusus ataupun perangkat elektronik yang mahal, Polish memungkinkan kamu untuk mengubah berbagai macam hal pada foto seperti misalnya membuat kolase, memberikan efek bokeh ataupun memotong objek foto agar background fotonya bisa diganti sesuai dengan keinginan kamu.

9. Toolwiz Photos

9 Aplikasi untuk memperbaiki foto lama yang rusak

foto: play.google.com

Kemudian untuk aplikasi rekomendasi terakhir yang bisa kamu gunakan untuk kepentingan memperbaiki foto adalah Toolwiz Photos. Toolwiz Photos merupakan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memperjelas foto yang mengalami blur dengan hanya cara mengandalkan aplikasi edit foto Toolwiz Photos di HP Android.

Toolwiz Photos juga merupakan aplikasi dengan segudang fitur dan tools pengeditan foto yang tentunya akan membantu memudahkan kamu dalam proses pengeditan foto. Bukan hanya itu, Toolwiz Photos juga bisa mengedit foto menjadi foto yang lebih kece dan memiliki warna yang powerfull.

Magang: Irvan Ahmad Fauzi


(brl/guf)