Arti tanda lingkaran pada chat WhatsApp, ini penyebab kemunculannya

Arti tanda lingkaran pada chat WhatsApp, ini penyebab kemunculannya

Techno.id - WhatsApp menjadi platform berkomunikasi secara digital yang diandalkan hampir seluruh pengguna gadget. Aplikasi yang dikembangkan oleh Meta ini mempunyai segudang fitur menarik untuk dipakai. Mulai dari melakukan chatting, panggilan telepon maupun video, sampai berbagi file bisa dilakukan secara mudah dengan aplikasi WhatsApp.

Meta sebagai pihak pengembang tak henti-hentinya memberikan berbagai update fitur di WhatsApp. Terbaru mereka memberikan sebuah fitur unik untuk digunakan. Fitur yang dimaksud adalah tanda lingkaran putus-putus pada balon chat WA.

Seperti diketahui bersama, pada saat chatting pengguna WhatsApp akan diberikan berbagai informasi dengan sebuah tanda. Biasanya dalam balon chat terdapat tanda centang satu abu-abu, centang dua abu-abu, centang dua biru, dan jam. Simbol-simbol tersebut tentu memiliki beberapa arti tersendiri bagi pengguna.

Sebagai contoh, seseorang mengirimkan pesan singkat ke kontak terpilih. Setelah pengguna mengirimkan pesan, akan ada tanda apakah centang dua atau satu, dan warna apa yang menyertai. Apabila pengirim mendapatkan centang satu, maka pesan belum tersampaikan ke penerima. Apabila muncul tanda centang dua abu-abu, maka WhatsApp telah tersampaikan ke pengguna. Kemudian jika tanda menunjukan dua centang biru, maka pesan telah dibaca. Terdapat tanda jam ketika pesan dikirim, pertanda pesan sedang pending karena sebab tertentu seperti jaringan internet.

Arti tanda lingkaran pada chat WhatsApp, ini penyebab kemunculannya

foto: pixabay.com

Namun akhir-akhir ini Meta telah menggelontorkan beberapa fitur baru, termasuk tanda lingkaran di balon chat WhatsApp. Lalu apa makna di balik simbol lingkaran tersebut?

Pada kesempatan ini Kamis (20/10), techno.id akan memberikan arti dari tanda lingkaran di WhatsApp chat yang dihimpun dari berbagai sumber.

Tanda bentuk lingkaran putus-putus tersebut memiliki sangkut paut dengan fitur status WhatsApp pengguna. Simbol tersebut menandakan balasan dari sebuah status WA. Tanda tersebut akan muncul apabila pengguna memberikan tanggapan di fitur status. Berlaku tanggapan dengan reaksi atau emoji, dan pesan tertentu.

Ketika pengguna mengunggah status, kemudian salah satu kontak melihat dan menanggapinya, maka akan muncul tanda lingkaran tersebut. Simbol lingkaran putus-putus akan terlihat di interface WhatsApp pengirim tanggapan maupun pembuat status. Akan tetapi ketika penerima membuka chat balasan status WhatsApp di halaman ruang obrolan, tanda lingkaran tidak muncul.

Arti tanda lingkaran pada chat WhatsApp, ini penyebab kemunculannya

foto: techno.id/ Adnan

Tanda lingkaran akan terlihat pada balon atau kolom chat. Letak dari simbol lingkaran yang menandakan sebuah balasan status tersebut ada di sebelah kanan tanda centang kolom chat.

Itulah penjelasan mengenai tanda lingkaran di WhatsApp. Apabila pengguna belum mendapatkan fitur tersebut, silakan untuk melakukan update aplikasi terlebih dahulu. Selamat mencoba!

(brl/guf)