5 Situs jadul yang pernah popular pada masanya, jadi pengen nostalgia kan?

5 Situs jadul yang pernah popular pada masanya, jadi pengen nostalgia kan?

Techno.id - Bagi kamu yang lahir di era 1990 hingga 2000-an, bisa berselancar di internet mungkin menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Maklum, saat itu untuk mengakses internet tidak semudah sekarang.

Karena di era 1990-an belum ada perangkat mobile seperti saat ini, kamu harus pergi ke warnet dan harus rela mengeluarkan kocek untuk menyewa perangkat komputer per jamnya.

Sehingga untuk mengakses internet hanya bisa dilakukan kalangan tertentu. Platform atau aplikasi yang ada pun masih sangat terbatas. Tidak seperti sekarang yang semakin marak, termasuk media sosial.

Nah buat generasi 1990-an, tentu nggak ada salahnya jika ingin bernostalgia dengan beberapa website yang pernah popular saat itu. Berikut beberapa website era 1990-an yang pernah favorit.

1. Friendster

5 Situs jadul yang pernah popular pada masanya, jadi pengen nostalgia kan? (Foto: 1000logos.net)

Website ini pernah begitu popular di kalangan anak muda era 2000-an. Media sosial lawas yang muncul pada 2002 ini dibuat progammer asal Kanada, Jonathan Abram. Situs jejaring sosial awalnya merupakan situs permainan sosial yang fokus pada permainan dan musik.

Setelah dilakukan pengembangan dan dirancang ulang, situs ini menjadi jejaring sosial yang memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi dengan anggota lain. Tak jarang, situs ini dijadikan media untuk kencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi.

Tak heran jika website ini berhasil memiliki lebih dari 8,2 juta pengguna yang telah didaftarkan pada tahun 2010. Website ini memiliki beberapa bahasa yakni Inggris, Tagalog, Melayu, Vietnam, Thailand, Indoneia, China, Korea, Jepang, Spanyol. Namun website ini resmi ditutup pada 2015, karena banyak penggunanya beralih ke Facebook.

2. Waptrick

5 Situs jadul yang pernah popular pada masanya, jadi pengen nostalgia kan? (Foto: deviantart.com)

Waptrick seperti buku yang merangkum semua fitur aplikasi masa kini, mulai dari Playstore, YouTube, Spotify hingga situs bajakan biru. Dengan segala kesulitannya, Waptrick adalah instalasi paling progresif pada masanya.

Dulu banyak orang membuka Waptrick hanya untuk mencari game. Namun belakangan, Waptrick menawarkan berbagai konten mulai dari game, walpaper ponsel, musik, hingga film. Karena itu nggak heran jika generasi 2000-an sangat mengenal situs yang satu ini.

Magang : Zadun Naja

(brl/red)