5 Konten yang tidak boleh kamu bagikan di media sosial agar kamu tidak menjadi korban kejahatan siber

5 Konten yang tidak boleh kamu bagikan di media sosial agar kamu tidak menjadi korban kejahatan siber

Techno.id - Saat ini kita hidup di era media sosial. Nah kebanyakan dari kita adalah peserta aktif. Banyak dari kita memposting cerita ke Instagram tentang kehidupan sehari-hari, menggunakan alat AI untuk memperkuat profil LinkedIn, atau terlibat dalam diskusi hangat dengan orang asing di X (Twitter).

Setidaknya, platform media sosial terasa seperti perpanjangan dari siapa kita. Tetapi semakin banyak kamu menggunakan media sosial, semakin kamu berisiko berbagi terlalu banyak informasi, yang pada akhirnya membahayakan kamu atau keluarga.

Sangat mudah untuk percaya bahwa orang-orang yang mengobrol dengan kamu benar-benar berteman dan memiliki minat baik. Kebanyakan dari kita mungkin lupa bahwa internet adalah selamanya, apa pun yang kamu posting dapat di-screenshot dan dibagikan kepada orang-orang di seluruh dunia.

Ketika kita berbagi terlalu banyak tentang diri kita sendiri di media sosial, kita bisa menjadi sasaran, membuat diri kita rentan terhadap segala macam risiko, seperti pencurian identitas, penipuan, dan serangan pribadi. Tetapi, bukan berarti kamu harus menghapus semua akun dan berkomitmen untuk menjalani hidup tanpa media sosial.

Sebaliknya, kamu harus mencoba menemukan keseimbangan dan memperhatikan apa yang kamu bagikan secara online. Berikut beberapa konten yang tidak boleh kamu bagikan di media sosial.

1. Lindungi informasi pribadi

5 Konten yang tidak boleh kamu bagikan di media sosial agar kamu tidak menjadi korban kejahatan siber foto: freepik/rawpixel.com

Tidak ada jalan lain, banyak informasi pribadi kamu sudah online.Meskipun kamu jarang memposting ke media sosial, ada kemungkinan besar seorang teman, anggota keluarga, atau kenalan telah menandai kamu di sebuah foto atau menyebut kamu dalam sebuah postingan, yang berpotensi membahayakan.

Membatasi detail pribadi yang diposting dapat membantu kamu melindungi diri dari berbagai jenis serangan siber yang mungkin ditargetkan oleh scammer.

Penjahat dunia maya selalu menjelajahi media sosial untuk mendapatkan informasi menarik yang dapat membantu mereka melakukan hal-hal seperti membobol akun atau mengajukan permohonan kartu kredit atas nama kamu. Karena itu kamu harus menghindari memposting informasi pengenal unik di media sosial, termasuk tanggal lahir, kota tempat tinggal, tahun kelulusan sekolah menengah atau perguruan tinggi, usia, atau alamat.

Penipu tidak hanya menggunakan informasi pribadi ini untuk membobol akun atau menyamar sebagai kamu. Mereka mungkin juga menggunakannya untuk mengirimi kamu pesan phishing yang dipersonalisasi yang membuat kamu menyerahkan lebih banyak informasi.

Jika menyadari bahwa informasi pribadi kamu telah disusupi, sebaiknya ubah pertanyaan keamanan yang biasanya kamu gunakan untuk masuk ke akun online untuk memastikan penipu tidak dapat menggunakan informasi tentang kamu yang telah dibagikan secara online.

2. Jangan berbagi rencana perjalanan

5 Konten yang tidak boleh kamu bagikan di media sosial agar kamu tidak menjadi korban kejahatan siber foto: freepik

Jika kamu seperti kebanyakan orang, kamu mungkin menjadi bersemangat saat merencanakan perjalanan dan ingin berbagi kegembiraan itu dengan orang lain. Media sosial adalah salah satu cara paling umum untuk melakukannya karena ini adalah cara mudah untuk memberi tahu seluruh jaringan kamu tentang rencana yang akan datang dan berbagi gambar serta anekdot tentang perjalanan kamu.

Kita semua pernah melihat postingan di mana teman-teman membagikan boarding pass mereka atau mengumumkan keberangkatan mereka dari bandara tertentu dengan check-in Facebook. Meskipun teman-teman mungkin senang mengikuti perjalanan kamu, dan kamu mungkin senang membagikannya, tetapi hal itu dapat membahayakan kamu, terutama jika kiriman kamu bersifat publik.

Saat membagikan keberadaan kamu di media sosial, kamu memberi tahu calon penjahat bahwa kamu tidak akan berada di rumah, berpotensi menjadikan rumah kamu sebagai sasaran perampokan dan kejahatan lainnya.

Membagikan boarding pass dapat mengungkapkan semua jenis informasi, termasuk nama lengkap.Data di boarding pass, termasuk kode batang dan kode QR, juga dapat digunakan untuk mencari informasi pemesanan kamu, termasuk alamat email, rencana perjalanan, nomor telepon, dan kontak darurat kamu.

Setelah kamu tiba, hindari mengunggah foto yang mengungkapkan lokasi kamu. Pilihan paling aman adalah menunggu sampai kamu kembali sebelum memposting gambar ke media sosial. Namun, jika kamu memutuskan untuk membagikan beberapa foto perjalanan, matikan geotag dan poskan setelah kamu meninggalkan lokasi.

3. Foto dan informasi tentang anak-anak

5 Konten yang tidak boleh kamu bagikan di media sosial agar kamu tidak menjadi korban kejahatan siber foto: freepik/gpointstudio

Sebagai orang tua yang bangga, sulit untuk tidak membagikan informasi tentang anak-anak mereka di jejaring sosial. Namun yang harus dilakukan adalah menelusuri platform media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk melihat seberapa umum berbagi, dan banyak orang tidak berpikir dua kali tentang hal tersebut.

Meskipun berbagi foto anak-anak kemungkinan akan mendapatkan banyak suka, risikonya mungkin lebih besar daripada manfaatnya. Saat memposting foto anak-anak secara online, penting untuk diingat bahwa kamu tidak dapat mengontrol apa yang dilakukan orang lain dengan informasi tersebut.

Meskipun foto dan video langkah pertama anak atau kelulusan taman kanak-kanak mungkin tampak cukup polos, aktor jahat dapat memperoleh banyak informasi dari postingan ini. Bahkan setelah mengubah pengaturan privasi Facebook kamu, mungkin ada baiknya untuk membatasi apa yang kamu posting.

Lagi pula, orang dapat mengambil tangkapan layar apa pun di halaman tersebut, dan hampir tidak mungkin untuk melacak di mana foto anak akan berakhir setelah itu. Jika penjahat dunia maya mendapatkan akses ke postingan tentang anak, mereka dapat mengetahui hal-hal seperti nama, tanggal lahir, dan lokasi anak, sehingga membahayakan pencurian identitas.

Postingan kamu mungkin juga secara tidak sengaja membuat anak-anak terpapar predator anak.Jika kamu tidak menghapus metadata foto, predator dapat menggunakan informasi tersebut untuk melacak lokasi anak kamu.

(brl/red)