Cara cek SSD dan hardisk di laptop dan komputer, periksa kapasitas jadi lebih mudah

Cara cek SSD dan hardisk di laptop dan komputer, periksa kapasitas jadi lebih mudah

Techno.id - Laptop dan komputer merupakan dua perangkat yang bisa dibilang hampir sama. Tak hanya hadir dengan beberapa kesamaan, laptop dan komputer tentu memiliki perbedaan yang mendasar.

Sistem penyimpanan pada laptop dan komputer yang biasanya menggunakan SSD maupun hardisk juga bisa dibilang hampir mirip. Dua komponen tersebut tentu memiliki masa pakai yang efektif. Tak hanya itu, baik SSD maupun hardisk juga memiliki kapasitas yang bisa dilihat pada laptop maupun komputer.

Cara melihat kapasitas SSD dan hardisk pada laptop sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengetahui kapasitas sistem penyimpanan tersebut. Tak hanya itu, mengecek SSD dan hardisk laptop juga bisa ditujukan untuk keperluan lain seperti spesifikasi perangkat tersebut.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (28/8), cara cek SSD dan hardisk pada laptop serta komputer.

Cara cek SSD dan hardisk di laptop dan komputer

Pada dasarnya cara mengecek SSD dan hardisk di laptop bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa menggunakan fitur yang disediakan pada laptop maupun komputer, atau aplikasi tambahan yang perlu diinstal secara manual. Jika kamu menggunakan fitur yang ada pada laptop dan komputer, proses pengecekan memang cenderung lebih mudah dan cepat.

Namun jika kamu mengecek SSD dan hardisk menggunakan aplikasi tambahan, informasi yang ditampilkan bisa dibilang lebih lengkap. Untuk mulai mengecek SSD dan hardisk pada laptop dan komputer, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Cara mengecek SSD dan hardisk menggunakan EaseUS Partition Master

EaseUS Partition Master adalah software partisi gratis yang lengkap dapat melakukan berbagai pekerjaan seperti membuat, menghapus, merubah/memindahkan, menggabungkan, membersihkan atau format partisi untuk beberapa model media penyimpanan serta memanfaatkan kapasitas hard disk dengan baik agar PC atau laptop lebih mudah dan efektif dalam pengelolaannya.

Manfaat dari partisi data komputer adalah pengelolaan data menjadi lebih optimal dan tertata secara rapi serta kinerja komputer juga akan semakin responsif. Selanjutnya, Anda dengan mudah dapat melihat kapasitas SSD dan hardisk pada laptop yang tersedia dengan aplikasi tersebut.

2. Cara mengecek SSD dan hardisk tanpa aplikasi tambahan

Mengecek SSD dan hardisk tanpa aplikasi tambahan bisa kamu lakukan dengan mudah dan nyaman. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengecek SSD adalah menggunakan Task Manager. Sesuai namanya, Task Manager merupakan salah satu fitur bawaan yang ada di laptop maupun komputer. Untuk mulai menggunakan Task Manager sebagai alat mengecek SSD dan harddisk, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka kolom pencarian pada laptop kamu kemudian ketikkan Task Manager lalu Enter.
2. Secara otomatis laptop dan komputer kamu akan menampilkan jendela Task Manager.
3. Klik bagian performance kemudian pilih Disk.
4. Kamu bisa mengetahui kapasitas SSD dan hardisk yang terpasang pada laptop maupun komputer kamu.

3. Cara mengecek SSD dan hardisk menggunakan aplikasi tambahan

Selain mengandalkan Task Manager, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan. Sudah ada beberapa aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk mengecek SSD dan hardisk yang ada pada laptop dan komputer kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi CrystalDiskMark. Dengan satu aplikasi ini, kamu bisa menilik informasi seputar SSD dan hardisk yang lebih lengkap dalam aplikasi CrystalDiskMark.

Kamu hanya perlu menginstal aplikasi CrystalDiskMark pada laptop dan komputer yang kamu miliki. Setelah proses instalasi selesai, kamu bisa membuka aplikasi tersebut untuk mengecek SSD dan hardisk yang kamu miliki. Informasi yang ada pada CrystalDiskMark termasuk lebih lengkap. Kamu bisa menilik kecepatan Read dan Write untuk mengetahui spesifikasi yang ada pada SSD dan hardisk.

[crosslink_1]

(brl/guf)