5 Kemudahan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan voice assistants smartphone

5 Kemudahan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan voice assistants smartphone

Techno.id - Kehadiran teknologi semakin memberikan dampak signifikan dalam kehidupan sehari-hari, dan salah satu inovasi bagus yaitu Voice Assistants pada smartphone. Dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan perangkat hanya menggunakan suara, pengguna dapat mengakses berbagai fitur dan informasi tanpa harus menyentuh layar atau mengetik.

Berikut adalah lima kemudahan yang bisa kamu lakukan dengan Voice Assistants pada smartphone, Selasa (21/11).

1. Panggilan dan pesan suara

5 Kemudahan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan voice assistants smartphone foto: freepik/stockking

Voice Assistants memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan hanya dengan menggunakan perintah suara. Misalnya, kamu dapat mengatakan Hey Assistant, panggil ibu atau Kirim pesan kepada teman saya bahwa saya akan terlambat. Ini membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan efisien, terutama ketika kamu berada dalam situasi di mana mengetik tidak memungkinkan.

2. Navigasi

5 Kemudahan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan voice assistants smartphone foto: freepik/lookstudio

Membuka aplikasi peta dan memasukkan destinasi dapat menjadi tugas yang merepotkan ketika kamu sedang berkendara. Dengan Voice Assistants, kamu dapat memberikan instruksi suara untuk menavigasi. Katakan saja, Arahkan saya ke kantor, dan asisten suara akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tanpa kamu harus menyentuh perangkat.

3. Pengaturan jadwal dan pengingat

5 Kemudahan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan voice assistants smartphone foto: freepik

Voice Assistants memudahkan pengaturan jadwal harian. Kamu dapat membuat pengingat, menetapkan janji, atau mengorganisir acara dengan perintah suara. Contohnya, kamu bisa berkata, Tambahkan rapat dengan tim pukul 10 pagi besok atau Ingatkan saya untuk mengambil obat jam 3 sore.

4. Pencarian informasi

5 Kemudahan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan voice assistants smartphone foto: freepik

Mencari informasi tidak pernah semudah ini. Dengan menggunakan Voice Assistants, kamu dapat menanyakan pertanyaan atau mencari fakta tanpa perlu mengetik. Katakan saja, Cari restoran Italia terdekat atau Berapa suhu di New York hari ini? Asisten suara akan memberikan jawaban atau menampilkan hasil pencarian dengan cepat.

5. Kontrol perangkat rumah pintar

5 Kemudahan yang bisa kamu rasakan dengan memanfaatkan voice assistants smartphone foto: freepik

Voice Assistants juga dapat diintegrasikan dengan perangkat rumah pintar. Kamu dapat mengendalikan lampu, thermostat, speaker portable yang terintegrasi, atau perangkat lainnya dengan perintah suara. Misalnya, Nyalakan Musik atau Atur suhu AC menjadi 22 derajat.

Dengan semakin canggihnya teknologi Voice Assistants, kemungkinan penggunaan mereka semakin luas. Melalui perintah suara, kamu dapat mengakses berbagai fitur smartphone dengan lebih cepat dan mudah, meningkatkan produktivitas dan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Seiring waktu, diperkirakan bahwa peran Voice Assistants dalam membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan akan terus berkembang dan meningkat.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)