5 Alasan sebagian orang memilih menggunakan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas

5 Alasan sebagian orang memilih menggunakan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas

Techno.id - Generasi terdahulu mungkin tidak asing dengan smartphone yang menggunakan baterai yang dapat dilepas. Tinggal buka bagian belakang ponsel, maka baterai dengan mudah dikeluarkan.

Secara bertahap, baterai yang dapat dilepas dihapuskan untuk mengakomodasi desain ponsel yang lebih ramping dan lebih ringan. Saat ini, hampir setiap ponsel memiliki baterai yang tidak dapat dilepas alias langsung di tanam di dalam ponsel. Untuk mengganti baterai, dibutuhkan keahlian khusus dan harus dilakukan di pusat layanan perbaikan.

Sebenarnya ada kelebihan yang tidak dimiliki ponsel modern saat ini dibanding dengan ponsel yang menggunakan metode baterai yang dapat dilepas. Mulai dari kenyamanan hingga memungkinkan pengaturan ulang ponsel yang cepat. Berikut ini keunggulan baterai ponsel yang dapat dilepas.

1. Kenyamanan

Baterai ponsel yang dapat dilepas memiliki kenyamanan tersendiri. Kamu dapat mengganti baterai sendiri tanpa harus ke service center jika terjadi kerusakan baterai. Selain itu, kamu bisa membawa baterai ekstra saat bepergian, sehingga tidak perlu mencari stopkontak atau membawa power bank, yang jauh lebih besar daripada baterai.

2. Masa pakai lebih lama

5 Alasan sebagian orang memilih menggunakan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas foto: freepik/nensuria

Ponsel cerdas saat ini tipis, bagus untuk estetika tetapi tidak terlalu bagus untuk kapasitas baterai. Produsen menggunakan baterai yang lebih kecil (tipis) dan tentunya dengan kapasitas yang juga lebih kecil.

Tak heran jika baterai ponsel saat ini lebih cepat lemah, meskipun dengan kebiasaan pengisian daya smartphone yang baik. Ketika terjadi kerusakan, sangat mungkin kamu akan membeli ponsel baru.

Berbeda dengan ponsel yang baterainya dapat dilepas. Kamu dapat mengganti baterainya dan bukan ponselnya, sehingga dapat menggunakan ponsel lebih lama.

3. Tidak ada lagi baterai yang membengkak

Hampir semua pengguna takut dengan fenomena baterai ponsel yang membengkak. Jika itu terjadi pada ponsel modern saat ini, cara cepat yang dilakukan adalah dengan mengganti ponsel. Jika tidak, berisiko baterai ponsel berpotensi meledak dan membahayakan pengguna.

4. Tidak ada biaya perbaikan

5 Alasan sebagian orang memilih menggunakan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas foto: freepik/bublikhaus

Perbaikan ponsel bisa jadi mahal. Misalnya, mengganti layar ponsel membutuhkan biaya yang tidak sedikit, begitu juga dengan masalah lain yang diperlukan untuk membongkar ponsel, termasuk untuk mengganti baterai.

Tetapi berbeda jika kamu memiliki ponsel dengan baterai yang dapat dilepas. Kamu bisa menghindari biaya perbaikan ketika terjadi kerusakan pada baterai. Kamu tinggal membeli baterai lalu menggantinya sendiri tanpa harus melepas sekrup ponsel.

5. Atur ulang cepat jika ponsel macet

5 Alasan sebagian orang memilih menggunakan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas foto: freepik/penin_sula

Ponsel bisa macet, sama seperti komputer. Ketika ini terjadi, kamu mungkin perlu menghidupkan ulang ponsel. Sayangnya, terkadang tombol daya mungkin tidak berfungsi, membuat kamu mengalami masalah.

Dengan baterai yang dapat dilepas, kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat mengeluarkan baterai dan kemudian memasangnya kembali untuk pengaturan ulang cepat untuk ponsel yang macet.

(brl/red)