4 Musibah memilukan gara-gara teknologi

4 Musibah memilukan gara-gara teknologi

Techno.id - Ketika awal penciptaannya, teknologi memang ditujukan untuk mempermudah kehidupan umat manusia. Sayangnya, tidak semua bisa merasakan manfaat teknologi. Malah, ada segelintir orang yang harus mengalami nasib sial gara-gara teknologi. Berikut di antaranya:

1. Tersambar petir saat bermain handphone
Kejadian ini dialami oleh gadis berusia 15 tahun. Saat itu, ia sedang menelepon di sebuah taman di London, Inggris. Namun secara tiba-tiba, petir menyambarnya. Menurut laporan dari BBC, gadis malang itu pun langsung mengalami gagal jantung dan terpaksa kehilangan indra pendengarannya.

Dokter yang menangani korban pun menyarankan pada khalayak untuk menjauhkan diri dari objek berbahan logam, seperti ponsel, ketika petir sedang menyambar. Pasalnya, benda tersebut akan menjadi konduktor yang akan menyalurkan arus listrik dari luar menuju ke dalam tubuh. Padahal dalam keadaan normal, kulit manusia memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap arus listrik.

2. Kulit rusak gara-gara terlalu lama bermain PlayStation
Ini adalah salah satu penyakit kulit yang terbilang baru. Penyakit bernama resmi "PlayStation palmar hidradenitis" ini pertama kali diidentifikasi dari tubuh gadis berusia 12 tahun asal Swiss. Seperti dilaporkan oleh BBC, gadis itu gemar sekali menggenggam konsol PlayStation selama beberapa jam setiap harinya. Sampai suatu saat, ia harus menerima penanganan medis karena telapak tangannya terluka.

Menurut laporan dari Vincent Piguet dalam British Journal of Dermatology tahun 2009, kejadian di atas berawal dari terlalu sering dan kencangnya seseorang menggenggam konsol. Hal tersebut diperparah pula dengan kegiatan menekan bermacam-macam tombol secara berulang-ulang.

(brl/red)