Ransomware mulai menggila, McAfee peringatkan user

Ransomware mulai menggila, McAfee peringatkan user

Techno.id - Dunia maya bukanlah tempat yang aman dan menyenangkan bagi Anda yang tidak membekali diri dengan pengamanan yang ketat. Sebab, menurut penelusuran dari McAfee Labs, serangan ransomware di tiga bulan awal 2015 ini telah meningkat hingga 165 persen. Bentuk serangan dari ransomware yang kebanyakan telah dimodifikasi tersebut adalah CryptoWall, TorrentLocker, BandarChor, Teslacrypt, dan CTB-Locker.

Nama terakhir yang disebutkan diakui McAfee Labs masih susah untuk dideteksi. Dalam paparannya di McAfee Labs Threats Report May 2015, CTB-Locker dikatakan memiliki kemampuan untuk menghindari hadangan software pengaman dan menyebarkan email phising.

Lebih lanjut, virus yang mulai beredar sekitar pertengahan tahun 2014 tersebut memang sangat berbahaya. Pasalnya, CTB-Locker mampu melakukan enkripsi data tertentu dan memaksa korban untuk merogoh uang yang tak sedikit supaya si peretas mau mendekripsinya. Yang membuatnya lebih menakutkan, tak ada jaminan bagi si peretas untuk mau mengembalikan data itu.

Selain ransomware, anak perusahaan Intel itu juga menggarisbawahi sejumlah ancaman lain yang wajib diwaspadai user sedunia. Mereka adalah serangan terhadap firmware HDD dan SSD dari kelompok spionase tertentu serta serbuan malware yang menginfeksi Adobe Flash.

(brl/red)