Wanita memang selalu mendominasi, tak terkecuali di media sosial

Wanita memang selalu mendominasi, tak terkecuali di media sosial

Techno.id - Secara universal, anggapan umum mengatakan pria berasal dari planet Mars dan wanita dari Venus. Tak bisa dipungkiri bahwa jenis kelamin mempengaruhi perilaku manusia. Hal ini juga berlaku dalam penggunaan media sosial. Kami mendapat informasi dari techinfographics.com, yang menggali lebih lanjut mengenai bagaimana pria dan wanita menggunakan media sosial.

Setelah kemunculan Facebook dan Twitter yang dikenal sebagai social network yang pertama kali ada, ditemukan fakta menarik berupa angka dan statistik yang bisa menjadi penjelasan akan perbedaan gender yang mempengaruhi kecenderungan seseorang dalam penggunaan media sosial.

Berdasarkan survei yang dilakukan Nielsen pada tahun 2013, pria cenderung menggunakan media sosial untuk kepentingan bisnis dan urusan percintaan. Sebanyak 27 persen pria memilih medsos untuk mempermudah bisnis, berbeda 5 persen lebih kecil dengan wanita, dan 13 persen untuk masalah percintaan, sedangkan wanita hanya berada di persentase 7 persen.

Wanita memang selalu mendominasi, tak terkecuali di media sosial

Sebagai makhluk yang senang bersosialisi, wanita berada di posisi lebih unggul dari pria dalam menggunakan media sosial untuk urusan menjalin relasi dengan teman dan sanak saudara sebanyak 65 persen, 28 persen untuk blogging dan sharing foto, 48 persen hiburan, dan mendapatkan informasi sebanyak 37 persen.

Sementara itu, wanita jauh melebihi presentase pria terkait penggunaan Facebook yang mencakup membagi informasi dengan teman, mempelajari hal positif, mendapatkan dukungan dari jaringan pertemanan maupun sekedar berbagi hiburan atau konten unik.

Di lain sisi, wanita dan pria juga memiliki perbedaan dalam berinteraksi melalui promo digital. Pria lebih memilih akses tercepat untuk melakukan deal maupun mendapatkan informasi. Sebanyak 56 persen data yang diambil dari ExactTarget 2014, pria men-scan kupon atau QR codes dan wanita sebanyak 39 persen.

Wanita memang selalu mendominasi, tak terkecuali di media sosial

Meskipun demikian, wanita jauh menduduki posisi sebanyak 71 persen dalam menyukai atau mengikuti suatu brand dalam daily deals. Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa wanita cenderung lebih aktif dalam penggunaan social media untuk berbagai kepentingan. Sementara itu, walaupun tidak mendominasi, pria menggunakan media sosial untuk kecenderungan yang lebih bersifat prioritas.

(brl/red)