Waduh, Qualcomm akan rumahkan 4.500 karyawannya

Waduh, Qualcomm akan rumahkan 4.500 karyawannya

Techno.id - Berita yang kurang menggembirakan tersiar dari markas Qualcomm. Perusahaan yang terkenal sebagai pemasok chipset smartphone itu berencana untuk merombak struktural internal. Kabar buruknya, 4.500 karyawan Qualcomm pun harus siap angkat kaki.

Seperti dikutip dari Softpedia.com (23/07/15), rencana Qualcomm untuk memberhentikan 15 persen dari total 31 ribu pegawainya ini bukan tanpa tujuan. Langkah ini diharapkan mampu mengerem pengeluaran perusahaan hingga Rp19 triliun.

Hal ini adalah dampak dari menurunnya saham Qualcomm sebesar 21 persen saat ini dibandingkan tahun lalu. Laporan terbaru net profit mereka juga terjun bebas sebesar 47 persen, begitu pula dengan pemasukan yang menurun hingga 14 persen.

Selain melakukan PHK massal, Qualcomm pun berencana untuk membentuk divisi lisensi teknologi sendiri yang akan diberi nama Qualcomm Technology Licensing (QTL). Langkah tersebut diyakini dapat membantu meningkatkan nilai saham karena teknologi lisensi konsisten mendapatkan uang besar.

(brl/red)