Qualcomm ajari ribuan anak membuat robot di "sekolahnya"

Qualcomm ajari ribuan anak membuat robot di "sekolahnya"

Techno.id - Kemajuan teknologi di masa datang tentu saja sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusianya. Nah, demi menjaga asa untuk tetap mengembangkan sektor teknologi puluhan tahun ke depan, Qualcomm pun mendirikan "sekolah" sederhana yang memfasilitasi generasi muda untuk mengenal teknologi dan sekaligus meningkatkan kompetensi mereka.

Di sekolah bernama Thinkabit Labs tersebut, anak-anak diakrabkan pada pengetahuan dasar tentang industri teknologi dan aktivitas Qualcomm sendiri sebagai perusahaan teknologi terkemuka. Di saat tertentu, para siswa diajak berkeliling kantor Qualcomm dan dikenalkan pada beragam profesi yang ada di sana, mulai dari petugas perpustakaan sampai ahli sistem. Mereka juga mendapatkan informasi terkait kompetensi apa yang dibutuhkan tiap pekerjaan itu sampai peluang profesi tersebut di masa yang akan datang. Namun di hari berbeda, mereka juga sempat belajar membuat robot.

Uniknya, para siswa Thinkabit Labs datang dari pelbagai latar belakang. Bahkan, tak sedikit yang berasal dari kalangan yang kurang beruntung.

"Banyak dari murid kami yang datang dari keluarga kurang mampu dan orang tua mereka tidak mempunyai pekerjaan mapan di San Diego," terang Eric Chacala, kepala sekolah Vista Innovation and Design Academy San Diego, pada Wired (15/06/15).

Menurut Qualcomm, sekolah buatannya sangat diminati. Buktinya, Thinkabit Labs kini sudah disinggahi lebih dari 3.000 siswa, meskipun baru didirikan tahun 2014 silam. Jumlah tersebut sepertinya akan terus bertambah, mengigat Qualcomm juga masih gencar menggaet bibit-bibit baru untuk mengisi pos industri teknologi di masa depan sekaligus mengubah hajat hidup mereka menjadi lebih baik.

(brl/red)