CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 16 Juli 2015 00:00

Survei Pegipegi.com temukan fakta indahnya Indonesia Timur

Tingginya biaya transportasi (terutama harga tiket pesawat) digarisbawahi para responden sebagai kendala utama di sana.

Survei Pegipegi.com temukan fakta indahnya Indonesia Timur

Techno.id - Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam yang terhampar dari penjuru barat hingga penjuru timur, Indonesia sangat layak dijadikan destinasi pilihan wisatawan mancanegara maupun lokal. Terlebih lagi, kini investor mancanegara yang membidik kawasan Indonesia Timur sebagai pilihan juga mulai masuk.

Tidak dipungkiri, untuk mencapai kawasan wisata Indonesia Timur, wisatawan membutuhkan dana dan waktu yang tidak sedikit. Hal itulah yang menyebabkan banyak wisatawan lebih memilih untuk berlibur ke luar Indonesia. Meskipun demikian, berdasarkan survei yang dilakukan PegiPegi.com, destinasi wisata yang terletak di Indonesia Timur masih menjadi incaran utama untuk dikunjungi.

Survei yang diikuti oleh sekitar 2.500 responden dari seluruh Indonesia ini menyajikan fakta menarik. Salah satunya ialah 98 persen responden menyatakan bahwa wisata Indonesia Timur sangat menarik, meski 70 persen dari mereka belum pernah mengunjunginya sama sekali. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka cukup melek informasi. Namun, ada beberapa alasan yang membuat mereka belum berkesempatan untuk berwisata ke sana.

Tingginya biaya transportasi (terutama harga tiket pesawat) digarisbawahi sebagai masalah utamanya. Sedangkan alasan lainnya ialah akses ke tempat wisata yang masih sulit, jadwal dan ketersediaan transportasi darat dan laut yang tak menentu, serta fasilitas yang tidak memadai. Seperti diketahui, bahwasannya banyak dari obyek wisata tersebut terdapat di lokasi terpencil.

Kendati demikian, keinginan untuk mengunjungi objek wisata di Indonesia Timur masih tergolong tinggi. Tak sedikit dari mereka yang menyatakan Indonesia Timur wajib dikunjungi, paling tidak sekali seumur hidup. Bahkan, mereka juga telah mempersiapkan banyak hal penting sebagai langkah antisipasi.

Untuk mengantisipasi tingginya biaya transportasi, para responden rela berburu promo tiket murah di travel agent maupun mendatangi pameran atau expo tentang travel. Selain itu, mereka yang pernah berkunjung ke sana banyak yang merekomendasikan untuk membawa uang tunai lebih sebagai antisipasi jika kita tak menemukan mesin ATM.

Nah, bagaimana dengan Anda? Tertarik juga berkelana ke Sulawesi, Maluku, Papua, atau Nusa Tenggara?

WHAT TO READ NEXT ?