Transmisi data fiber optik cetak rekor baru, 57Gbps!

Transmisi data fiber optik cetak rekor baru, 57Gbps!

Techno.id - Sebuah tim dari University of Illinois baru saja memecahkan rekor transmisi data fiber optik tercepat dari 40Gbps menjadi 57Gbps. Demikian menurut laporan terbaru sebagaimana dikutip dari Softpedia (28/03).

Tim tersebut terdiri atas tiga orang. Dua di antaranya, Curtis Wang dan Michael Liu, merupakan mahasiswa pascasarjana. Sementara satunya lagi adalah profesor Milton Feng, sang pemecah rekor transmisi data fiber optik di angka 40Gbps (tahun 2014).

Di acara Optical Fiber Communication Conference and Exposition, California, naiknya transmisi data ini tak mengalami error sedikit pun. Singkat kata, inovasi teknologi oxide-VCSEL (Vertical-Cavity Surface-Emitting Laser) mereka terbilang sukses.

Lantas, apa yang bisa dilakukan fiber optik berkecepatan 57Gbps? Menurut profesor Feng, rekor baru mereka tersebut bakal cocok digunakan untuk menjawab kebutuhan provider ISP akan teknologi video 4K dan virtual reality yang mulai populer.

Meski demikian, rekor baru ini ternyata masih belum sepenuhnya sempurna. Pasalnya, besarnya kinerja server penopang fiber optik berkecepatan 57Gbps juga berdampak pada kondisi suhu yang cepat panas pula (bisa mencapai 85 derajat celcius).

(brl/red)