Foto dan gambar bebas lisensi Wikipedia kini tersedia di Pinterest

Foto dan gambar bebas lisensi Wikipedia kini tersedia di Pinterest

Techno.id - Dalam blog resminya (25/03/16), Wikipedia mengumumkan pihaknya telah membuat akun official di Pinterest. Di akun tersebut, mereka mengumpulkan foto hingga file GIF yang boleh dimiliki siapa saja alias bebas lisensi.

Wikipedia juga berkomitmen untuk menghadirkan koleksi file-file yang berada di public domain tersebut. Untuk saat ini, mereka sudah menyediakan 11 board, di antaranya 'Women Explorers You Should Know' yang berisi wanita-wanita hebat di masa lampau dan 'Classic Broadway Plays and Musical'. Namun, tentu mereka akan mengunggah lebih banyak lagi foto di akun Pinterest-nya karena database file media Wikimedia Commons ada lebih dari 30 juta.

Foto dan gambar bebas lisensi Wikipedia kini tersedia di Pinterest

Akun Wikipedia resmi di Pinterest
2016 pinterest.com/wikipedia

Langkah yang diambil Wikipedia ini nampaknya berlandaskan pada niat untuk menyasar netizen lebih luas. Secara global, pengguna Pinterest didominasi oleh wanita. Keinginan untuk merangkul lebih banyak user wanita Pinterest ini bisa dilihat dari prioritas pengunggahan board 'Women Explorers You Should Know' yang tadi disebutkan.

Pinterest sendiri pada September 2015 lalu terpantau memiliki lebih dari 100 juta active user. Monetisasi terbaru yang diusung situs berusia 6 tahun ini adalah menyediakan tombol 'Buy' di foto produk yang diperjualbelikan.

(brl/red)