TNI siap koordinasi terkaitan Badan Cyber Nasional

TNI siap koordinasi terkaitan Badan Cyber Nasional

Techno.id - Dilansir oleh Antara (26/08/15), dikabarkan jika Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan institusinya siap berkoordinasi dengan institusi lain terkait Badan Cyber Nasional.

"Sudah pastinya kami koordinasikan semua," katanya dikutip dari Antara (26/08/15).

Bahkan, Ia juga mengatakan prajurit-prajurit TNI sudah mempelajari mengenai cyber nasional dan ada pada tingkatan-tingkatan tertentu.

"Prajurit-prajurit saya sudah pelajari itu, dan sudah pada tingkatan-tingkatan tertentu, saya tidak perlu beritahu," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana membentuk badan cyber untuk memperkuat sektor pertahanan dan bidang sektor strategis nonpertahanan, demi memperkuat kedaulatan bangsa.

"Sistem siber yang akan dibentuk bukan malah untuk memata-matai warga negara sendiri," kata Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut juga akan menggandeng berbagai lembaga informasi pemerintah seperti Lembaga Sandi Negara, Deputi bidang cyber pada berbagai kementerian lembaga, serta Kementerian Komunikasi dan informatika.

Selain itu menurut dia, juga menggandeng pakar Informasi Teknologi asal Indonesia untuk turut mengabdi, sehingga gerak pemerintah di bidang teknologi informasi akan lebih padu dan seirama.

(brl/red)