Kartunis Riau gunakan media sosial untuk berkarya

Kartunis Riau gunakan media sosial untuk berkarya

Techno.id - Adanya internet dan media sosial banyak membantu para seniman untuk mempublikasikan karyanya. Hal ini tentu menjadi salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan seniman-seniman di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti yang dilansir oleh Antara (25/08/15), Komunitas Sindikat Kartunis Riau (Sikari) mengatakan jika komunitasnya memilih mempublikasikan karya-karya seperti komik strip melalui media sosial karena dinilai paling efektif dan murah dibanding media cetak yang hanya memberikan sedikit ruang.

"Kartun sangat efektif apabila ada lamannya di media cetak, karena mainnya memang di media. Tapi itu susah, mungkin satu media, satu kartunisnya. Alhamdulillah sekarang ada media sosial sehingga siapa saja bisa mengunggah karya," kata Ketua Sikari, Furqon dikutip dari Antara.

Pihaknya sendiri mengatakan jika di media sosial komunitas ini menyediakan wadah melalui Facebook dan Twitter untuk karya-karya seniman yang tergabung dalam komunitasnya. Di dalamnya kartunis mengunggah karya sekaligus sebagai tempat untuk berkomunikasi.

Namun, sejauh apa dampak kartun bisa mempengaruhi dan menyentuh masyarakat? Hal ini dikatakannya tergantung pada sejauh mana itu terpublikasi juga. Apakah itu melalui media cetak, sosial, atau pun bisa juga dalam bentuk pameran asal itu dilakukan dengan baik sehingga efeknya lebih terasa.

(brl/red)