Tips mengoptimalkan iklan versi mobile ala Facebook

Tips mengoptimalkan iklan versi mobile ala Facebook

Techno.id - Beralihnya tren mengakses informasi dari perangkat desktop ke mobile sedikit banyak juga akan berdampak ke sektor bisnis online. Yang pasti, membuat iklan dengan tampilan antarmuka serta dimensi yang dioptimalkan untuk ukuran layar mobile adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat iklan yang dioptimalkan untuk dunia yang kini serba mobile? Sebagai salah satu situs yang banyak diakses penggunanya melalui perangkat mobile, Facebook ternyata memiliki cara tersendiri dalam mengoptimalkan iklan-iklan miliknya.

Sebagaimana dikutip dari tautan resmi Facebook for Business (28/09), ada empat fitur baru dari Facebook bagi para pengiklan yang ingin menjangkau konsumen mobile. Keempat fitur ini di terdiri atas TRP Buying, Brand Awareness Optimization, Mobile Polling, dan Video format Carousel.

Secara umum, TRP Buying adalah iklan dalam bentuk video yang menggunakan Target Rating Points (TRP) sebagai metrik. Artinya, pemasar dapat memasang iklan sesuai dengan target TRP sekaligus merencanakan kampanye melalui TV dan Facebook.

"Untuk memanfaatkan pergeseran perilaku konsumen ini, kami memberikan solusi baru yang khusus dibangun untuk mobile," ujar Graham Mudd, Director Ads Product Marketing Facebook sebagaimana dikutip dari berita pers yang diterima tim Techno.id, Senin (28/09).

Sementara itu, Brand Awareness Optimization adalah fitur baru yang memungkinkan pengiklan untuk memaksimalkan brand awareness melalui Kampanye Facebook dengan mengoptimalkan jangkauan dan atensi (waktu yang dihabiskan seseorang untuk melihat sebuah iklan).

"Penelitian kami menunjukkan bahwa memaksimalkan jangkauan dengan meningkatakan atensi dapat memberikan hasil yang paling efektif, sehingga kami sangat gembira untuk meluncurkan cara baru untuk mengoptimalkan kampanye dengan cara ini," imbuh Graham.

Adapun Mobile Polling sendiri adalah fitur baru yang dihasilkan melalui kerja sama dengan Millward Brown Digital. Fitur ini memungkinkan pengiklan untuk melakukan pemungutan suara melalui mobile sekaligus mengukur efektivitas kampanye iklan.

Sedangkan untuk video format carousel sendiri sudah diluncurkan Facebook sejak tahun 2014. Fitur ini memungkinkan para pengiklan untuk bertindak berdasarkan kreativitas mereka dalam mencari sekaligus menjaga pelanggan melalui News Feed Facebook.

(brl/red)