CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 9 Juli 2015 22:06

Tips Facebook dan Instagram untuk orang tua dalam menjaga privasi

Facebook dan Instagram punya cara sendiri untuk bantu orang tua agar tetap eksis di media sosial.

Tips Facebook dan Instagram untuk orang tua dalam menjaga privasi

Techno.id - Maraknya kasus penculikan anak, ternyata tak lepas dari kesalahan orang tua yang hobi membagikan foto buah hatinya ke media sosial. Setiap tingkah polah anak yang diabadikan orang tua kemudian diposting di media sosial akan mempermudah penculik dalam melancarkan aksinya. Dengan mengamati korban dari media sosial, sang penculik semakin gampang menemukan anak Anda dan membawanya kabur. Setelah itu, pasti ujung-ujungnya penjahat tersebut bakal meminta tebusan, dan parahnya apabila keinginan penculik tidak dituruti, maka kebanyakan korban akan dibinasakan. Apakah Anda ingin kejadian ini menimpa Anda?

Jika Anda tak ingin kejahatan semacam ini semakin merajalela, maka Anda bisa mulai berhenti mengunggah foto-foto bahagia bersama anak. Anda bisa menikmati kenangan indah itu hanya dengan keluarga terdekat. Namun, jika Anda sulit menahan godaan untuk memperkenalkan anak Anda kepada publik, Anda bisa mengikuti beberapa tips dari Facebook dan Instagram dalam menjaga privasi di media sosial.

Buatlah daftar pertemanan: Anda hanya ingin berbagi postingan dan foto anak Anda dengan keluarga dan teman terdekat? Di Facebook, Anda dapat membuat daftar sesuai dengan keinginan Anda untuk mengatur teman-teman sesuai yang Anda suka. Anda dapat memilih siapa saja yang termasuk di daftar tersebut dan aturan keamanan apa saja yang diterapkan (jika ada). Teman-teman Anda tidak akan mendapat notifikasi saat Anda menambahkan mereka ke dalam daftar pertemanan yang Anda buat.

Pilih kepada siapa saja Anda ingin berbagi foto anak Anda: Setelah Anda membuat daftar pertemanan sesuai dengan keinginan, Anda dapat memilih siapa saja yang dapat melihat postingan Anda setiap saat kali ada yang baru. Di Facebook, Anda dapat memilih audiens Anda dengan menggunakan menu yang terdapat di paling atas postingan Anda. Di Instagram, Anda dapat memilih kepada siapa saja Anda ingin berbagi foto-foto menggunakan tombol “Instagram Direct” yang ada di ujung kanan atas.

Ambil bagian untuk mengatur privasi Anda: Di Instagram, Anda dapat dengan mudah mengunci akun Anda agar tidak sembarangan orang dapat mengikuti akun ataupun melihat foto-foto Anda. Untuk melakukan ini, pilih Profile pada bagian kanan bawah, kemudian pilih “Edit Your Profile” di samping foto profil Anda. Telusuri ke bagian bawah untuk melihat apakah pilihan “Posts Are Private” telah diaktifkan. Privacy Checkup dari Facebook menawarkan kemudahan bagi Anda untuk memastikan hanya beberapa orang saja yang dapat melihat postingan Anda.

Buatlah perubahan setiap saat: Gunakan Activity Log di Facebook agar Anda bisa memilih kepada siapa saja Anda ingin berbagi postingan, melihat setiap postingan yang di-tag dan menghapus apapun yang tidak ingin Anda bagikan lagi dengan teman-teman Anda.

Jaga keamanan akun Anda: Sudah menjadi naluri orang tua untuk melindungi anaknya. Hal ini juga berlaku di dunia maya. Sekarang waktunya untuk memastikan bahwa Anda memiliki password yang aman, log out akun Anda setelah menggunakannya dan aktifkan login approvals. Mudah bukan? Beberapa tips ini mungkin terlihat sepele, namun begitu ampuh dalam menjaga privasi Anda.

WHAT TO READ NEXT ?