Tiongkok luncurkan dua satelit barunya untuk saingi GPS

Tiongkok luncurkan dua satelit barunya untuk saingi GPS

Techno.id - Dilansir oleh Phsys.org (26/07/15) dikabarkan jika Tiongkok meluncurkan dua buah satelit baru ke luar angkasa pada hari Sabtu (25/07/15). Media pemerintah Tiongkok mengatakan, Sistem navigasi satelit tersebut diluncurkan untuk menyaingi Global Positioning System (GPS) milik Amerika Serikat.

Sebuah roket untuk membawa kedua tersebut diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit di provinsi Sichuan. Dikatakan jika kedua satelit tersebut merupakan satelit ke-18 dan ke-19 yang diluncurkan oleh Tiongkok untuk mengembangkan sistem navigasi domestik Beidou, atau Kompas.

Beidou saat ini berpusat di kawasan Asia Pasifik, namun dijadwalkan untuk mencakup seluruh dunia pada tahun 2020 mendatang.

"Suksesnya peluncuran ini menandai langkah solid lainnya dalam membangun Beidou menjadi sistem navigasi dengan cakupan global," kata pusat peluncuran satelit tersebut dikutip dari Phsys.org.

Beidou pertama kalinya diluncurkan tahun 2012 lalu dengan tujuan untuk bersaing dengan GPS dari Amerika Serikat, GLONASS dari Rusia dan Galileo dari Uni Eropa. Sistem semacam itu telah digunakan oleh sejumlah negara di Asia seperti Laos, Pakistan, dan Thailand.

Sementara, sistem Beidou saat ini digunakan untuk layanan sipil seperti navigasi dan pesan, serta di sektor transportasi, dan peramalan cuaca. Bahkan Beidou dikatakan juga memiliki aplikasi militer.

(brl/red)