Stephen Hawking dan milyuner Rusia buat proyek untuk mencari alien

Stephen Hawking dan milyuner Rusia buat proyek untuk mencari alien

Techno.id - Stephen Hawking seorang ilmuwan baru-baru ini mengumumkan sebuah proyek pencarian alien yang diberi nama 'Breakthrough Listen'. Proyek yang menghabiskan dana Rp 1,34 triliun ini dikatakan akan mengumpulkam astronom terkenal, fisikawan, ilmuwan, dan para ahli lainnya.

Tidak hanya itu, proyek ini juga akan memanfaatkan sumber daya dari seluruh planet Bumi seperti observatorium, universitas, dan lembaga lainnya untuk pencarian kehidupan alien di planet lain.

Proyek pencarian alien ini dikatakan akan menjadi pencarian terbesar, terpanjang, dan terorganisir yang dibiayai khusus dan diperkirakan akan memakan waktu hingga 10 tahun.

Kami percaya jika kehidupan muncul secara spontan di Bumi, sehingga dalam alam semesta yang tanpa batas ini seharusnya ada kehidupan lain. Di suatu tempat dalam kosmos kehidupan cerdas lainnya mungkin sedang menyaksikan cahaya milik kita, menyadari apa keinginan mereka, ujar Profesor Hawking dikutip dari Nerdist.com.

Proyek 'Breakthrough Listen' nantinya akan menggunakan radio teleskop dari seluruh dunia, termasuk dua teleskop radio terbesar di dunia, untuk mencari jutaan bintang di galaksi Bima Sakti dan galaksi terdekat lainnya untuk menemukan sinyal radio dari kehidupan lain di luar Bumi.

Untuk dana proyek ini, dikatakan sepenuhnya dimodali oleh milyuner asal Rusia, Yuri Milner. Sebelumnya, investor proyek milik Hawking ini juga pernah memberi modalnya kepada Facebook, Twitter, Spotify, Zynga, Groupon dan Alibaba.

(brl/red)