Tim ahli teknologi akan teliti tangan robot 'Iron Man' Bali

Tim ahli teknologi akan teliti tangan robot 'Iron Man' Bali

Techno.id - Wayan Sumardana alias Tawan, pria bertangan robotik yang dijuluki Iron Man asal Bali ini mendadak tenar dan mendapat perhatian banyak pihak termasuk para ilmuan atau akademisi yang konsen dalam pengembangan robot. Bahkan, Gubernur Bali, Mangku Pastika akan mendatangkan tim ahli teknologi untuk menelitik kebenaran kemampuan temuan Tawan tersebut, seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (22/01/16).

Hal ini karena tangan robot yang dirancang sendiri oleh Sutawan tersebut tergolong cukup canggih, karena berbasis Brain Computer Interface (BCI) dengan rumus Alfa-Delta-Meta-Neta.

Hal ini juga menimbulkan kontroversi karena banyak yang menilai jika tangan robot ciptaannya hanya untuk mencari sensasi saja. Namun bagaimana pun untuk membuktikan apakah robot tersebut betul-betul bisa bekerja dengan perintah otak seperti yang disebutkan Sutawan, perlu diuji secara seksama oleh pakar ahli teknologi yang mengerti tentang robot.

Saat Mangku Pastika bersama rombongan datang ke bengkel las Sutawan, Gubernur Bali ini mengaku kagum dengan kegigihan Sutawan untuk bangkit, hingga menciptakan robot tangan yang menghebohkan tersebut.

Selain itu, dikabarkan secara pribadi Mangku Pastika memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 50 Juta kepada Sutawan, termasuk bersedia untuk membantu pengobatan tangan sutawan yang lumpuh.

"Kita akan bantu pengobatannya ke dokter syaraf, kalau tidak bisa di Karangasem, kita bawa ke Denpasar, kalau tidak ada di Bali, kita bawa keluar Bali, kalau tidak ada di Indonesia kita bawa kemana lah. Karena ilmunya Sutawan ini yang sangat berharga," ujar Mangku Pastika dikutip dari Merdeka.com.

(brl/red)