Militer AS habiskan dana $60 juta bangun teknologi cyborg

Militer AS habiskan dana $60 juta bangun teknologi cyborg

Techno.id - Dilansir oleh Tech Insider (22/01/15), para ilmuwan militer di Defence Advanced Research Project Agency (DARPA) kabarnya merencanakan sebuah proyek ambisius untuk membuat robot implan antara manusia dan perangkat elektronik seperti karakter fiksi cyborg RoboCop.

Proyek yang disebut Neural Engineering System Design (NESD) ini akan menghabiskan dana yang tidak tanggung-tanggung yakni $60 juta atau sekitar Rp 833 miliar. Nantinya teknologi robot implan ini dapat mengirim data dengan cepat antara otak dan sistem elektronik.

Dengan NESD nantinya otak manusia dapat terhubung dengan komputer yang memungkinkan untuk mengakses secara cepat semua informasi. Tentu saja tidak perlu lagi menggunakan layar untuk melihat berbagai informasi pasalnya semuanya dikirimkan langsung ke otak.

Bahkan teknologi ini juga bisa mengontrol perangkat lain hanya dengan pikiran. Walaupun begitu, program ini dikatakan akan dilakukan dalam waktu lama, karena harus melewati berbagai macam proses persetujuan pemerintah AS.

Tidak menutup kemungkinan juga jika teknologi ini akan mampir untuk masyarakat sipil dan dipasarkan secara secara komersil. Anda bisa bayangkan, dengan menggunakan teknologi ini Anda bisa saja mengontrol perangkat smarthome hanya dengan pikiran. Canggih bukan?

(brl/red)