Tertangkap basah curangi uji emisi, VW harus bayar denda

Tertangkap basah curangi uji emisi, VW harus bayar denda

Techno.id - Beberapa waktu lalu, sebuah skandal terkuak. Ternyata selama ini VolksWagen menggunakan sebuah software yang ditanamkan dalam mobil-mobilnya. Software tersebut bisa membuat mobil-mobil buatan Jerman ini lolos uji emisi di Amerika Serikat.

VW memang banyak meluncurkan kendaraan bermesin diesel ke Amerika Serikat. Sebut saja VW Jetta dan VW Passat yang cukup laris di Amerika. Namun ternyata, Environmental Protection Agency (EPA) telah menangkap basah kecurangan VW.

Seperti yang telah diberitakan oleh The Verge pada hari Rabu (23/09/15) lalu, EPA menguji ulang kelayakan mobil diesel VW dengan menggunakan peralatan khusus.

Tertangkap basah curangi uji emisi, VW harus bayar denda

Setelah mereka menambahkan peralatan pada mesin uji emisi dan menyambungkannya ke sistem pembuangan, terungkaplah bahwa Kadar Nitro-Oksida yang keluar dari knalpot 20 kali lebih besar dari batas aman.

Ketika dicek ulang ke VW, pihaknya mengakui bahwa telah menggunakan software khusus untuk mengelabuhi mesin uji emisi. Bekerja secara algoritmik, software tersebut telah 'menurunkan' kadar emisi pada hasil tes.

Karena tindakannya tersebut, VolksWagen harus membayar denda miliaran rupiah pada pemerintah Amerika.

(brl/red)