Mobil paling bertenaga di dunia dengan kecepatan roket 1.610 Km/jam

Mobil paling bertenaga di dunia dengan kecepatan roket 1.610 Km/jam

Techno.id - Detik-detik paling menegangkan dari tim Bloodhound Super Sonic Car (SSC) akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Bagaimana tidak, mobil tangguhnya dengan kecepatan 1.000mph atau setara 1.610 Km/jam akan dipamerkan ke khalayak ramai.

Proyek Bloodhound SSC itu sendiri sudah dimulai sejak 8 tahun silam, tepatnya pada tahun 1997. Super Car ini telah dirancang dengan mesin jet Eurofighter Typhoon-Rolls-Royce yang dikombinasikan dengan roket hibrida dari Nammo of Norwegia.

Nantinya, Bloodhound SSC akan dipamerkan di Canary Wharf selama tiga hari, kemudian mobil ini akan dipersiapkan lagi untuk uji coba di Norwegia pada bulan Januari atau Februari tahun 2016.

"Kami sedang mengerjakan pengujian sistem pompa Inggris dan kelihatannya akan selesai Natal tahun ini. Setelah itu, kami bakal menguji Bloodhound SSC di Norwegia. Kami ingin pengujian roket berjalan dengan baik pada bulan Januari atau Februari," kata Mark Chapman.

Jika semua berjalan dengan lancar, maka Bloodhound SSC akan diujicobakan lagi di Afrika Selatan pada pertengahan tahun 2016, seperti yang dikutip dari BBC (24/9/15).

Sebelumnya, pada awal pembuatan di tahun 1997, Bloodhound SSC sudah mampu memecahkan hambatan suara di Black Rock Desert of Nevada, Amerika Serikat. Saat itu, Bloodhound SSC mampu melaju dengan kecepatan rata-rata 763.035mph atau setara 1.227.985 Km/jam.

(brl/red)