Mobil hybrid bakal 'geser' kendaraan bermesin diesel?

Mobil hybrid bakal 'geser' kendaraan bermesin diesel?

Techno.id - Mobil bermesin diesel memang dikenal lebih bandel dan tahan lama. Bagi mereka yang memahaminya, mesin ini juga diklaim lebih murah dari segi maintenance dibanding yang berbahan bakar bensin. Namun mesin diesel yang berbahan bakar solar ini memiliki kekurangan, yaitu kurang ramah lingkungan.

Meski pada mobil-mobil baru emisinya bisa lebih ditekan, namun jika dibandingkan mesin berbahan bakar bensin, tetap saja emisi gas buang yang dikeluarkan memiliki kadar Karbon Monoksida lebih tinggi. Hal inilah yang akhirnya membuat para produsen mobil memilih untuk memproduksi mesin hybrid.

Pertimbangan pertama tak lain karena cadangan minyak bumi yang bakal semakin menipis. Selain itu, dampak dari polusi yang ditimbulkan juga sangat merugikan umat manusia sendiri. Salah satu produsen otomotif dunia yang mengembangkan teknologi mesin hybrid adalah Mercedes Benz.

Mobil hybrid bakal 'geser' kendaraan bermesin diesel?

Seperti yang telah diberitakan oleh Autoblog pada hari Senin (21/09/15) lalu, pabrikan asal Jerman ini bakal menggeser produk-produknya yang masih bermesin diesel. Alasannya tak lain adalah efisiensi.

"Ya, mesin diesel lebih rumit dan sangat mahal. Bahan baku untuk membuatnya tak bisa dibilang murah. Anda akan melihat banyak mesin hybrid di masa yang akan datang sehubungan dengan bergantinya peraturan pemerintah," ujar sebuah sumber dari Mercedes yang tak mau disebutkan namanya.

Jika negara-negara di benua Eropa dan Amerika akan mengganti kendaraan bermesin dieselnya dengan hybrid, bagaimana dengan negara kita? Bagaimana menurut Anda?

(brl/red)